Senam Sehat dan Cinta Budaya sebagai Edukasi SDN 2 Bangunan

Jumat, 10 Maret 2023

Senam Sehat dan Cinta Budaya sebagai Edukasi SDN 2 Bangunan

Jumat, 10 Maret 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Bangunan, Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), gelar kegiatan Jum'at sehat dengan melaksanakan senam dan latihan tari, pada Jum’at (10/3/2023).


Senam pagi tersebut merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani para Dewan guru dan peserta didik di Sekolah, sebagai bentuk edukasi dalam menjaga kesehatan.


Guru Olahraga SDN 2 Bangunan, Dewo mengungkapkan, "gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Pancaran sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan atau belajar sehari-hari," ungkapnya.

Dewo mengimbuhkan, "senam juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak,  juga bisa mengurangi stress dan membuat lebih bahagia karena dengan kita melakukan gerakan senam maka tubuh akan melepaskan hormon endorphine," imbuh Guru Olahraga SDN 2 Bangunan.


Ditempat yang sama, Pelatih tari Zaitun juga menambahkan, "selain senam pagi kita juga mengadakan latihan tari Siger Pengunten dan tari Tuping secara kolosal setelah kegitan senam, untuk mengenalkan dan mencintai Budaya Daerah Lampung sebagai salah satu akar Budaya Nasional," tambahnya. 

Kepala SDN 2 Bangunan, Jumadi menegaskan bahwa kegiatan tersebut akan digelar secara rutin setiap pekannya.


"Kalau kita akan melakukan kegiatan ini dengan rutin, setiap hari Jum'at jika cuaca nya cerah, supaya anak-anak Bangsa kita sehat, cerdas dan lebih mengenal Seni, Budaya Indonesia, khususnya Seni Lampung tercinta ini." Tukas Kepala SDN 2 Bangunan Lamsel.

(Kho/Red)

TerPopuler