Tim Resmob 308 bersama Satreskrim Polresta Bandar Lampung Meringkus Sindikat Pelaku Spesialis Curanmor

Minggu, 18 Desember 2022

Tim Resmob 308 bersama Satreskrim Polresta Bandar Lampung Meringkus Sindikat Pelaku Spesialis Curanmor

Minggu, 18 Desember 2022,

 


LAMPUNG (BANDARLAMPUNG), BONGKARSELATAN.COM -

Pelaku yang berhasil di ringkus tersebut merupakan Sindikat peluku, spesialis pencurian Sepeda Motor R2 yang  sudah beraksi sedikitnya di 50 TKP (Tempat Kejadian Perkara), dari hasil penangkapan Pelaku, Polisi menemukan barang bukti lima unit sepeda motor, dan puluhan  plat nomor polisi serta orderdil hasil curian.


Kedua Pelaku yakni Fi dan Ar (28) warga Bandar lampung yang sudah cukup lama menjadi target operasi (TO) kepolisian. Rekan pelaku Fi masih dalam pengejaran.


Kapolresta Bandar Lampung Polda Lampung,  Kombes Pol Ino Harianto, S.I.K., M.M., melalui Kasat Reskrim Kompol Dennis Arya Putra mengatakan, kedua pelaku diringkus saat hendak melakukan COD (cash  one  delivery)  di Wilayah Rajabasa pada Minggu dinihari,18 Desember 2022, sekitar pukul 01.00 WIB.


"Satreskrim mengetahui pelaku menjual barang hasil curian melalui media sosial dan kita buntuti sehingga diringkus saat melakukan COD dengan penadah," ujarnya.


Saat dilakukan pengembangan di tempat Arf, didapat lima kendaraan sepeda motor, puluhan  plat nomor kendaraan, serta bagian-bagian kendaraan yang patut dicurigai hasil kejahatan.


"Berdasarkan pengakuan pelaku sudah 50 kali beraksi di Bandar Lampung, sementara dari laporan yang sudah terverifikasi ada sebelas laporan. Namun unit ranmor dan Tekab 308 masih terus melakukan pengembangan," katanya.


Modus yang digunakan pelaku dengan cara hunting terlebih dahulu, setelah mendapati kendaraan roda dua yang tidak ada kunci ganda dan pintu pagar rumah tidak digembok langsung mereka curi.


"Mereka mengambil motor menggunakan teknik kunci leter T. Motor yang dikunci setang dipaksa dan didorong serta dibawa kabur," jelas Dennis.


Setelah motor berhasil dicuri, pelaku menjualnya ke penadah Arf yang berpropesi sebagai tukang bengkel.


"Harga dijual pelaku berpariasi mulai dari lima ratus ribu hingga jutaan rupiah. Oleh pelaku Arf diperbaiki kembali dan dijual melalui media sosial Facebook," katanya.


Pelaku Fit dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.


"Sementara Arf dikenakan Pasal 480 KUHP tentang penadah hasil curian, dengan ancaman maksimal empat tahun penjara," tutupnya.

(Hms/Jhr)

TerPopuler