Lamsel Sebagai Kabupaten Terinovatif oleh Bappenas, Kini Siap Kembangkan Tiga Desa Edukasi Swasembada Gizi dalam Kunker TP-PKK Pesibar

Minggu, 11 Desember 2022

Lamsel Sebagai Kabupaten Terinovatif oleh Bappenas, Kini Siap Kembangkan Tiga Desa Edukasi Swasembada Gizi dalam Kunker TP-PKK Pesibar

Minggu, 11 Desember 2022,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Lampung Selatan kini siap dan kembangkan 3 Desa Eduwisata Swasembada Gizi, yaitu Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan, Desa Palas Aji Kecamatan Palas dan Desa Sumbersari Kecamatan Sragi.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Erdiyansyah, SH, MM, kegiatan yang merupakan langkah dalam menyikapi ditetapkannya Kabupaten Lamsel sebagai Kabupaten ter Inovatif dalam penanganan stunting oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).


Sama halnya yang disampaikan oleh Duta Swasembada Gizi, Bunda Winarni Nanang Ermanto saat menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Ketua Team Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Septi Istiqlal di Desa Pasuruan beberapa waktu lalu, setelah Kabupaten Lamsel ditetapkan sebagai Kabupaten paling Inovatif se Indonesia Oleh Bappenas.

Tentu akan banyak yang berkunjung belajar dalam penurunan stunting ke Lamsel. Dan Lamsel menyiapkan 3 Desa sebagai Eduwisata Swasembada Gizi, dimana Desa-Desa lain bisa belajar cara penurunan stunting mulai dari Kelembagaan, Layanan Swasembada Gizi, hingga Konvergensi Stunting, termasuk inovasi dimasing-masing Desa tersebut seperti Desa Pasuruan ada lumbung gizi, Desa Bugisa, Voucher Bugisa, dan penggunaan Instrumen Digital, Sistem Informasi Swasembada Gizi Desa (Sibagas).


Sedangkan di Desa Sumbersari Kecamatan Sragi inovasinya adalah peran serta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)nya untuk penurunan stunting, dimana Bumdesnya menyisihkan keuntungan untuk penuntasan stunting.

Serta, di Desa Palas Aji Kecamatan Palas, inovasinya adalah Lumbung Pangan Bebas Stunting (Lumpang Besti), Kelas Memasak Bebas Stunting (KMS Besti), Kelompok Anak Remaja Peduli Anemia Zat Bes (Kompak Masse).


Saat mengunjungi Desa Eduwisata disajikan juga paket produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa sebagai oleh-oleh bagi yang berkunjung, bahkan nanti Desa-Desa tersebut menyediakan Homestay bagi pengunjung yang ingin belajar lebih lama lagi di Desa Swasembada Gizi.

Sebelum berkunjung ke Desa, rombongan TP-PKK  Kabupaten Pesibar disambut langsung oleh Bupati Lamsel dan mengenalkan potensi-potensi unggulan Kabupaten Lamsel, serta dilanjutkan dengan mengunjungi Sekretariat Swasembada Gizi, dimana Duta Swasembada Gizi memberikan Penjelasan secara detail Penanganan Stunting mulai dari tahun 2019 di Lamsel hingga diberikan apresiasi oleh Menteri Bappenas tahun 2022.


Tak lupa setelah itu mencicipi Kuliner berbahan produk-produk kelor yang bermanfaat untuk Penuntasan Stunting seperti Bakso Kelor, Teh Kelor, dan lain-lain serta pangan olahan dari tepung pisang.

(Bst/Red)

TerPopuler