Prioritas Infrastruktur Ketahanan Pangan di RKPDes Kemukus Tahun Anggaran 2023

Rabu, 02 November 2022

Prioritas Infrastruktur Ketahanan Pangan di RKPDes Kemukus Tahun Anggaran 2023

Rabu, 02 November 2022,

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemukus, Helat
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam menyusun dan penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023 yang dilaksanakan di Balai Kemukus, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Rabu (2/11/2022).


Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Elhayati, SE, Kasi Trantib Ida Surya Aini, SE, Kepala Uptd Pelayanan Pajak Ketapang, Uptd PU, Uptd Pertanian, Kepala Desa Kemukus Sumardi, Babinsa Eko Haryanto, Pendamping Desa Kecamatan Ketapang Ahmad Efendi dan Purwanto, BPD, LPM, Tim Penggerak PKK, Aparatur Desa, serta tokoh masyarakat setempat.


Kepala Desa Kemukus, Sumardi menjelaskan skala prioritas dalam RKPDes tahun anggaran 2023 adalah pembangunan jalan ketahanan pangan untuk menunjang perekonomian masyarakat.


"Kita akan prioritaskan pembangunan jalan untuk menanggulangi pertanian," jelas Kades.


Kades juga mengimbuhkah, ada beberapa titik pembangunan rabat beton yang menjadi skala prioritas Musrenbangdes Kemukus tahun 2023.


"Prioritas dua titik pembangunan, dan kalau tidak berbenturan dengan peraturan, insyaAllah bisa tiga titik," imbuh Sumardi, Kepala Desa Kemukus kepada Jurnalis Bongkarselatan.com.


Di tempat yang sama, Pendamping Desa, Purwanto menjelaskan dalam sambutannya yang pertama diprioritaskan adalah pemulihan ekonomi masyarakat.



"Yang pertama adalah pemulihan ekonomi, penguatan Bumdes seperti pertanian dan peternakan, bisa juga potensi wisata, seperti agro wisata," jelasnya.


Dirinya menambahkan agar data SDGs Desa Kemukus secepatnya ada perbaikan, yang mencapai ribuan jiwa yang terkategori miskin.


"Yang kedua adalah program nasional prioritas Desa, yaitu pendataan SDGs capaiannya 36 persen data warga miskin, ada sekitar 1.400 jiwa," tambahnya.


Purwanto memaparkan bahwa dari data tersebut disaring kembali, sehingga Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023, memang benar-benar warga Kemukus yang terkategori miskin ekstrim.


"Ketahanan pangan, BLT DD maksimal 25 persen, kriteria penerima BLT, penghasilan kurang dari 400ribu perbulan, lansia, rumah tidak layak huni, tinggal sendiri, masih muda belum punya rumah, dan penderita penyakit menahun," Pungkas Purwanto.

(Bst)


TerPopuler