Cegah Stunting Mulai Dari Kandungan Dalam Intervensi Desa Blambangan

Jumat, 12 Agustus 2022

Cegah Stunting Mulai Dari Kandungan Dalam Intervensi Desa Blambangan

Jumat, 12 Agustus 2022,

LAMSEL (PENENGAHAN), BONGKARSELATAN.COM -
Dalam rangka intervensi penurunan stunting terintegrasi, Pemerintah Desa (Pemdes) Blambangan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), gelar rembuk stunting yang diadakan aula Desa Blambangan. Jum'at (12/8/2022).

Acara yang ber Tema “Berkerja Sama Untuk Mewujudkan Desa  Blambangan bebas Dari Stunting" dihadiri Kepala Desa Yahman, Camat Penengahan Jailani S,STP,MH dan Kasi Kesos, Korluh Tohir ,Pendamping Desa Sopyansah dan Hariyono, Sekdes jarnak, Bidan Desa Eka, Kadus, serta kader-kader KPM dan kader-kader Posyandu Desa Blambangan, Kecamatan penengahan Lamsel.


Tujuan rembuk stunting tersebut agar Desa Blambangan, Kecamatan penengahan, Kabupaten Lamsel, bisa bebas stunting serta menghasilkan generasi masa depan yang sehat, kuat, cerdas dan produktif yang memiliki daya kuat untuk generasi masa depan.

 

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Blambangan,  Yahman dalam sambutannya, meminta kepada seluruh kader agar mensosialisasikan stunting, sebagai mana halnya menjadi fokus untuk menjaga generasi bangsa masa depan.


"Saya Meminta ibu-ibu kader dan seluruh perangkat Desa, agar dapat mensosialisasikan serta mengenalkan kepada saudara - saudara yang berada di Desa Blambangan ini, terutama ibu-ibu bahwa tingkat pertumbuhan anak, juga sangat berpengaruh dengan perilaku seorang ibu ketika mendidik anak," tegas Kades.


Camat Penengahan Jailani M.STP,MH, juga mengatakan, agar Pemerintah Desa Blambangan untuk membantu orang tua dapat memperhatikan gizi untuk anaknya supaya menjadi anak sehat dan cerdas sebagai generasi penerus bangsa yang sehat serta bebas dari stunting.


"Untuk orang tua, agar anak - anak dijaga gizinya dan selalu melakukan pola hidup bersih supaya sehat dan cerdas," ucap Camat. 


Dirinya juga menegaskan, memberdayagunakan Sumber Daya yang ada untuk mencegah dan menangani Stunting di Blambangan.


"Rembuk stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, masyarakat Desa belambangan dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa Blambangan khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa Blambangan." Tegasnya. 


lanjutnya, Korluh Tohir juga memaparkan, tentang pentingnya mengetahui fungsi penggunaan kartu BPJS Kesehatan, dan mengedepankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam mencapai masyarakat Sehat sejahtera.


Bidan Desa Eka juga menambahkan bahwa pencegahan Stunting dimulai dari kandungan ibu hamil.


"Stunting adalah yang kekurangan tumbuh buat anak-anak yang kekurangan gizi dan juga kekurangan kesehatan dari ibu hamil yang menjadi salah dengan pertumbuhan kepada anak yang dikandungnya." Pungkas Eka.


(Ish/Pen)

TerPopuler