Persiapan Lomba P3KSS Di Desa Kemukus Kecamatan Ketapang

Rabu, 29 Juni 2022

Persiapan Lomba P3KSS Di Desa Kemukus Kecamatan Ketapang

Rabu, 29 Juni 2022,


LAMSEL (KETAPANG), BONGKARSELATAN.COM - 
Untuk menuju masyarakat yang sehat sejahtera, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) gelar rapat persiapan lomba Peningkatan Peran Perempuan Keluarga Sehat Sejahtera (P3KSS) yang dilaksanakan di Balai Desa Kemukus, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Rabu (29/6/2022).


Hadir dalam acara tersebut Dinas PPPA, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Kepala Desa Kemukus, Aparatur Desa, serta perwakilan anggota dari sepuluh kelompok Desa Kemukus.


Sri Handrayani, Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga dari Dinas PPPA dalam sambutannya memaparkan bahwa acara lomba tersebut akan di adakan pada bulan Juli 2022.


"Lomba P3KSS ini akan kita laksanakan pada bulan Juli, dan Desa membentuk sepuluh kelompok yang didalamnya ada sepuluh Kepala Keluarga (KK) yang akan di bina," paparnya.


Dirinya juga menambahkan, persiapan lomba tersebut KK yang rumahnya berkriteria seprti lantai tanah, tidak memiliki plafon, jamban, jendela dan penerangan.


"Persiapan lomba P3KSS ini merujuk dari benerapa kriteria rumah seperti rumah yang tidak memiliki jamban, jendela, plafon, penerangan dan lain-lain," tambahnya.


Sucipto, Kasi Pemberdayaan dari Dinas PMD Lamsel menjelaskan bahwa dalam acara lomba P3KSS, Dinas PMD mensupport yang notabane tidak jauh berbeda dengan Lomba Desa.


"Dalam persiapan lomba P3KSS kami dari Dinas PMD mensupport kegiatan, yang memang tidak jauh beda dengan lomba desa," jelasnya.


Dengan meningkatkan peran perempuan menuju keluarga sehat dan sejahtera perlu adanya sinkronisasi data.

"Perlu adanya cakupan program sebelum dan sesudah, dengan tujuan memiliki raport yang bagus sinkronisasi data di Desa," ucap Sucipto.


Derahman, Kasi Kesling dan Kesjaor dari Dinkes Lamsel menerangkan bahwa kegiatan lomba P3KSS ini adalah tunjukan dari Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas PPPA Lamsel.

"Desa Kemukus ditunjuk oleh Dinas PMD Provinsi dengan tujuan untuk peningkatan peran perempuan menuju keluarga sehat sejahtera," terangnya. Ia juga berharap kedepannya untuk meningkatkan ekonomi di Desa.


"Harapan nya dari seratus KK, kedepannya bisa  memahami kesehatan keluarga serta Desa berupaya mensupport, memberdayakan untuk meningkatkan ekonomi, yang tadi nya pra sejahtera dapat meningkatkan produksi, skil kemampuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga," harapnya.


"Berupaya merubah dari yang tidak mengerti terus kemudian bisa memahami, minimal walaupun rumah sederhana namun sehat dan sejahtera," imbuh Derahman.


"Administrasi di Desa yang lebih baik, yang kedepannya akan ada sebuah perubahan di masyarakat mulai dari perubahan sikap dan prilaku hidup sehat," tambahnya lagi.


Sumardi, Kades memaparkan kepada jurnalis Bongkarselatan.com - kegiatan lomba P3KSS harus dengan kerjasama yang baik, agar kegiatan ini berjalan dengan lancar.


"Kegiatan ini harus ekstra kerjasama yang baik agar kedepannya tidak saling menyalahkan, untuk mewujudkan lomba menjadi sukses, karena tak ada kendala yang takkan teratasi dengan kerjasama dan kerja keras," paparnya.


Kades Kemukus juga optimis, tidak hanya sebatas lomba saja, namun setelah nya akan bermanfaat untuk masyarakat.


"Saya tetap optimis, Desa kami yang ditunjuk dari Provinsi dan akan tetap berkoordinasi dengan baik, terus saya berharap tidak hanya mendapat nilai yang baik saja, tapi kedepannya setelah lomba terlaksana akan bermanfaat dan lebih baik lagi untuk masyarakat Kemukus." Pungkas Sumardi Kades Kemukus. ( Bst/Ish )

TerPopuler