Desa Kedaung Jaga Kesenian Tradisional, Singa Depok Atau Sisingaan

Kamis, 12 Mei 2022

Desa Kedaung Jaga Kesenian Tradisional, Singa Depok Atau Sisingaan

Kamis, 12 Mei 2022,


Lamsel (Sragi), Bongkarselatan.com -Singa Depok atau sering di sebut Sisingaan merupakan Kesenian Tradisional yang masih terjaga dan terawat oleh Masyarakat Desa Kedaung Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (11/05/2022)


Penampilan Kesenian ini pada mulanya hanya seni Helaran yang hanya di gelar saat arak - arakan saja, biasanya dipakai dalam pesta khitanan atau sunatan yang secara beriringan jalan beramai - ramai.


Materi yang biasanya dalam seni sisingaan antara lain, satu atau dua buah tandu (jampana) terbuat dari kayu yang atasnya diberikan benda yang menyerupai singa dan sampai sekarang eksis dengan nama sisingaan.


Kesenian ini dilengkapi dengan waditra gending yang terdiri dari 3 ketuk, 2 kendang besar, kentrung, kecret dan terompet dan ditambah dengan sekar atau pasinden.



Kesenian ini selain di acara arak arakan khitanan juga dalam pergelaran pentas Seni Budaya yang biasa nya di kemas dengan tari gotong singa dengan Kesenian yang tetap utuh.


Kesenian Tradisional Sisingaan masih dipertahankan dan dilestarikan oleh team Budi Laksana yang menjadi salah satu potensi seni kebudayaan Desa Kedaung Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan.


(Bustami)

TerPopuler