Tinjau Smart Village Dan Bumdes Talang Kecamatan Waysulan, Nanang : Bagus Ini Tingkatkan Terus

Kamis, 17 Februari 2022

Tinjau Smart Village Dan Bumdes Talang Kecamatan Waysulan, Nanang : Bagus Ini Tingkatkan Terus

Kamis, 17 Februari 2022,

 


WAY SULAN, Bongkarselatan.com – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meninjau pelayanan Smart Village, E-Samdes dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berada di Desa Talang Kecamatan Way Sulan, pada Selasa (15/2/2022).

Kepala Desa Talang Dawud menjelaskan, Smart Village dan E-Samdes merupakan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Talang. Dimana, inovasi itu dilakukan guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang terdapat di wilayah Kecamatan Way Sulan dan sekitarnya.

Dirinya menjelaskan, Smart Village yang berada di desa Talang masih dalam proses pengembangan. Untuk saat ini, pelayanan Smart Village dapat digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi desa.

“Masyarakat hanya tinggal WA (WhatsApp) ke nomor yang sudah disediakan oleh pihak desa, nanti kita bikin, kita tandatanganin, kita stampel. Nah masyarakat datang, suratnya sudah jadi. Kalau untuk Smart Village ini masih pengembangan pak,” ujarnya.

Kemudian, Dawud juga menjelaskan, inovasi E-Samdes merupakan pelayanan yang diberikan untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan tersebut.

Pelayanan itu, kata Dawud, merupakan bentuk kerjasama antara BUMDes dengan Samsat Kabupaten. Dengan adanya E-Samsat diharapkan masyarakat akan semakin disiplin dalam membayar pajak.

“PBB (Pajak Bumi Bangunan) belum dan SIM (Surat Izin Mengemudi) juga belum, banyak sekali peminatnya untuk SIM tapi belum bisa melayani. Ini hanya untuk pajak tahunan kendaraan bermotor dan ini bisa melayani seluruh kendaraan motor se-Provinsi Lampung,” ujarnya.

Dawud juga mengungkapkan, BUMDes Talang telah memiliki 5 unit usaha, dengan Penghasilan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 9 juta dan Sisa Hasil Usaha (SHU) atau laba bersih pertahun mencapai Rp.44 juta. Sementara, untuk karyawan hingga saat ini telah terdapat 6 orang.

“Kita untuk BUMDesnya ada 5 unit pak, kita ada Sapi, Wardes (Warung Desa), BRILink dan ada tenda. Satu lagi yaitu E-Samdes yang merupakan kerjasama antara Samsat dan BUMDes Talang,” ujarnya lebih lanjut.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi program pelayanan Smart Village dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dimiliki oleh desa Talang Kecamatan Way Sulan.

Menurutnya, inovasi yang diberikan oleh desa Talang sangat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Disisi lain, juga dapat menambah PAD Kabupaten dan masyarakat sekitar.

“Oke pak Kades terus ya, tingkatkan terus kreatifitas, sudah bagus ini. Ini merupakan salah satu inovasi yang bagus untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa. Termasuk juga menambah PAD Lampung Selatan,” pungkas Nanang. (red/ptm)


TerPopuler