Dibuatkan TPS, Warga Palas Ucapkan Terimakasih dan Apresiasi Kepada Pemkab Lamsel

Jumat, 19 Agustus 2022

Dibuatkan TPS, Warga Palas Ucapkan Terimakasih dan Apresiasi Kepada Pemkab Lamsel

Jumat, 19 Agustus 2022,

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Warga dan Kepala Dusun ungkapkan terimakasih dan apresiasi atas pembangunan Tempat Pembuatan Sampah (TPS) kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang dikerjakan oleh CV Dirga Pratama.


Pembangunan TPS tersebut terhitung 30 (tiga puluh) hari kalender, yang berada dipasar Palas Jaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lamsel, dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lamsel tahun 2022.

Pembuatan dan pembangunan tersebut mengacu kepada Peraturan Daerah) Nomor 2 tahun 2015 Tentang Pengeloaan Sampah, sehingga Lamsel akan bebas dari polusi sampah.


Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses, didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.


Secara umum yang disebut limbah adalah bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala rumah tangga, industri, pertambangan, dan sebagainya. Bentuk limbah tersebut dapat berupa gas dan debu, cair atau padat. Di antara berbagai jenis limbah ini ada yang bersifat beracun atau berbahaya dan dikenal sebagai limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Limbah B3), sampah anorganik dan organik.


Sama halnya pembangunan bak sampah di pasar Desa Palas Jaya tersebut yang dibuat tiga bagian kotak sampah, yakni sampah organik, anorganik, serta  limbah B3.

Mewakili masyarakat, Kepala Dusun 02 Rt 04, Fajar mengungkapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemkab Lamsel, Dinas PUPR, CV Dirga Pratama serta pekerja yang sudah membangun bak sampah tersebut.


"Saya mewakili masyarakat Palas Jaya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, karena sudah membangun bak sampah di pasar jum'at ini," ungkap Kadus.


Kadus juga berharap setelah adanya bak sampah tersebut akan bebas dari pencemaran dan polusi sampah.


"Harapan sampah yang berada di pasar ini bisa teratasi dengan baik, sehingga tidak menimbulkan masalah pencemaran akibat sampah kepada masyarakat sekitar." Pungkas Fajar Kadus 02 Desa Palas Jaya.

(Red)

TerPopuler