Gunakan (DD), Pemdes Mandalasari Genjot Pembangunan Infrastruktur Fisik Pembangunan Jalan Lapen

Selasa, 31 Agustus 2021

Gunakan (DD), Pemdes Mandalasari Genjot Pembangunan Infrastruktur Fisik Pembangunan Jalan Lapen

Selasa, 31 Agustus 2021,


SRAGI, Bongkar Selatan. Com--  Meski dimasa pandemi Covid-19, Pemerintah Desa (pemdes) Mandalasari Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan, terus mengenjot pembangunan insfratuktur fisik yang bersumber dari Dana Desa (DD).


hari ini Pemerintah Desa Mandalasari sukses melaksanakan pembangunan jalan aspal lapen di Dusun Karang Sari 1, sebagai kesuksesan tersebut, pelaksanaan pembangunan berjalan lancar, sesuai perencanaan.


PJS Kepala Desa Mandalasari Amar Sumarna, mengatakan bahwa pemerintah Desa Mandalasari baru saja menyelesaikan pembangunan jalan dilingkungan Desa Mandalasari berupa pembangunan jalan aspal lapen dengan volume 1.150 x3 M.



"Pembangunan jalan aspal lapen tersebut berlokasi di Dusun karang sari 1 Desa Mandalasari Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan dan pembangunan dibiayai  oleh Dana Desa (DD) tahun 2021 sebesar Rp.284. 280 000, saat ini pembngunan jalan lapen tersebut sudah selesai 100 persen dan sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga dusun karang sari 1 khusunya" kata Amar Sumarna Senin, (30/08/2021).


Menurut  Amar Sumarna, pembangunan jalan aspal lapen di Dusun Karang Sari 1 ini, sangat dibutuhkan oleh Masyarakat mengingat jalan tersebut adalah salah satu akses masyarakat untuk aktifitas warga sehari-hari, dan aktifitas perekonomian Masyarakat.

Karena kondisi jalan ini sebelumnya sudah banyak mengalami kerusakan parah, dan sangat membahayakan keselamatan warga  ketika beraktifitas sehari-hari,  hal ini dapat mengganggu aktifitas dan menghambat juga perekonomian warga.


Oleh karena itu pembangunan jalan lapen ini perlu dilakukan, untuk meningkatkan akses perekonomian Masyarakat dan aktifitas Masyarakat sehari-hari, khususnya warga Dusun Karang Sari 1 Desa Mandalasari Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan.


"Dengan adanya bantuan Dana Desa (DD) Pemerintah Desa sangat terbantu, karena pembangunan di pelosok desa menjadi tersentuh, sehingga pemanfaatan pembangunan jalan aspal lapen ini dapat dirasakan oleh masyarakat, terutama terdampak terhadap peningkatan ekonomi Masyarakat khususnya Warga Dusun Karang Sari 1" Ujar Amar Sumarna


Ia juga menjelaskan, bahwa Dana Desa (DD) yang diterima Pemerintah Desa Mandalasari tahun ini banyak dialokasikan untuk penanganan Covid-19, "meski demikian Dana Desa (DD) tahun 2021 tetap ada yang kita alokasikan untuk fisik salah satunya pembangunan  jalan aspal lapen ini, agar pembangunan fisik juga terus berjalan", Imbuhnya.


Lanjut Amar , sangat berharap pembngunan jalan ini dapat melancarkan perekonomian Warga Masyarakat Desa Mandalasari dan dapat memberi manfaat dalam peningkatan aktifitas perekonomian Masyarakat.


Amar Sumarna, menambahkan, dalam pengerjaan pembangunan jalan aspal lapen ini dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Mandalasari dengan skema Padat Karya Tunai (PKT) melibatkan tenaga kerja dari warga setempat, sebagai bentuk pemberdayaan warga setempat, Imbuhnya.


Sementara itu TPK Desa Dharma Wijaya, mengatakan, Pengerjaan jalan aspal lapen ini sudah selesai 100 persen.


"Karena dalam pengerjaanpun kami mengutamakan kualitas dan mutu hasil pekerjaan, agar ketika digunakan oleh warga masyarakat bisa bertahan lama, dan selama pengerjaan pembngunan aspal lapen ini alhamdulilah berjalan dengan lancar, berkat kekompakan antara TPK, Pemdes, BPD dan dukungan dri masyarakat setempat, kata Dharma Wijaya 


Kami berharap, Pembangunan jalan lapen ini dapat membawa manfaat secara maksimal untuk Warga Masyarakat setempat, karena dengan sarana jalan yang baik, maka diharapkan bisa meningkatkan aktifitas perekonomian masyarakat. (Tedi/Ishar)

TerPopuler