Desa Palembapang Terima Bantuan Mesin Untuk Kerajinan Tangan

Jumat, 28 Mei 2021

Desa Palembapang Terima Bantuan Mesin Untuk Kerajinan Tangan

Jumat, 28 Mei 2021,


KALIANDA,  BONGKARSELATAN.COM - D
alam rangka meningkatkan kualitas kerajinan asesoris berbahan batok kelapa sebagai salah satu produk Unggulan Desa Pelambapang Kecamatan Kalianda kabupaten Lampung Selatan. menggelar sosialisasi dalam pembuatan kerajinan dari bahan batok kelapa sekaligus memberikan bantuan berupa mesin pengrajin, agar dapat mempercepat proses pembuatan kerajinan dan keterampilan tangan yang ada di desa pelambapang, Jumat (28/05/2021).


Acara tersebut dihadiri Kadis Koperasi dan UKM, I Ketut Sukerta,SE, Lembaga Penilelitian dan Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung dan PLD. 


Seorang Pengrajin yang bernama Peter yang berasal dari desa pelambapang Rt.12/Rw.005  Kecamatan Kalianda kabupaten Lampung Selatan yang memiliki keahlian dalam hal membuat seni kerajinan, tangan khususnya pada batok kelapa yang ia buat menjadi asbak, gantungan konci, cincin, juga pipa rokok.


Menurut pria kelahiran Desa pelambapang itu saat dibincangi oleh wartawan media Bongkar selatan mengatakan, awalnya membuat Karya seni ini, cuma Iseng aja untuk keperluan sendiri, namun ternyata banyak yang menyukai hasil karyanya itu, kadang ada yang memesan untuk di bikinkan gantung konci, cincin dan asbak.


“Saya membuat kerajinan tangan ini awalnya iseng serta hobi. Karena di lingkungan Saya masih banyak tempurung atau batok kelapa yang bisa di manfaatkan kemudian timbul dipikiran saya untuk membuat kerajinan berbahan baku  tempurung kepala tersebut.


Ternyata hasil karya yang saya buat ini ada yang tertarik untuk di bikinkan cincin, asbak dan juga buat gantungan konci. Dari situlah saya berpikir kenapa tidak ditekuni saja, sebab ini bisa menjadi sumber pemasukan tambahan di tengah ekonomi yang sulit saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang." Jelasnya.


Masih kata Peter untuk membuat kerajinan  berbahan batok kelapa tersebut dirinya hanya menggunakan kan alat manual seperti Gerinda, bor, amplas tang, pisau saja dan untuk membuat satu buah kerajinan dari batok kelapa tersebut dirinya menghabiskan waktu sekitar satu hari.


Mungkin akan berbeda dari sebelumnya, karna diri nya akan lebih mudah untuk mengerjakan atau membuat kerajinan tangan tersebut, dengan adanya bantuan alat mesin yang ada sekarang ini sehingga akan mempercepat proses pembuatan Serta akan menghasilkan produk unggulan desa pelambapang yang luar biasa." Tegasya. 

Hendri kepala Desa Palembapang sangat berterimakasih atas bantuan tersebut,  karena dengan adanya mesin tersebut, maka dapat membantu dalam menambah jumlah produksi kerajinan tangan di desa tersebut.  (ishar) 

TerPopuler