Musrenbangdes Sumur Kumbang Prioritaskan Pengelolaan Sampah dan Air Bersih.

Rabu, 01 November 2023

Musrenbangdes Sumur Kumbang Prioritaskan Pengelolaan Sampah dan Air Bersih.

Rabu, 01 November 2023,




LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Sumur Kumbang Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, (lamsel), menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2024, yang di gelar di Aula Desa setempat, Rabu (1/11/2024).


Acara diawali dengan Pertunjukan kesenian Bela diri TTKDH, dan di buka dengan mengucap Basmallah lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Mars Lampung Selatan serta Do'a. 


Hadir dalam acara tersebut , Camat Kalianda, Pirma Romayansyah, SH. MM, yang diwakili  oleh Kasi Pertanahan Andri, Kepala Desa (Kades) Armad, Sekretaris Desa (Sekdes) Mus Mulyadi, BPD, Bhabinkamtibmas, Aipda Muammar, LPM, Pendamping TA Kabupaten, Pendamping Desa Kecamatan, Pendamping lokal Desa, Kupt Puskesmas Kalianda, Kupt Pertanian, Kurluh KB, Dinas Perikanan, Kupt PU, Kupt Perternakan, Dinas Pajak, Kader PKK, Kader Posyandu, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda,  seluruh Aparatur Desa dan para tamu undangan.


Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) adalah salah satu proses partisipatif dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang dilaksanakan oleh Pemdes bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur masyarakat, untuk menyepakati hal yang bersifat strategis dalam segala hal khususnya pembangunan Desa. 


Kepala Desa Sumur Kumbang, Armad, saat diwawancara oleh Pewarta, terkait dengan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), yang sudah dilaksanakan, ia mengatakan "kegiatan Musrenbangdes hari ini adalah untuk membahas rancangan RKPDes tahun 2023 dan daftar usulan tahun 2024 mendatang. Untuk menampung usulan-usulan yang dibutuhkan oleh masyarakat Desa Sumur Kumbang," Paparnya. 


Lanjut Kades, " Untuk prioritas kita di tahun 2024 mendatang, kita akan menangani masalah Pengolahan Sampah, dan pengelolaan Air Bersih, " Pungkasnya. 



Dan di akhir acara, Aipda Muammar selaku Bhabinkamtibmas, Berpesan kepada masyarakat khususnya Desa Sumur kumbang agar selalu waspada jikalau Inging menghidupkan api baik itu dikebun ataupun di ladang dan pastikan dulu api di matikan jikalau ingin meninggalkan kebun atau ladang, dan bagi yang di rumah juga harus selalu waspada dan memeriksa barang rumah tangga baik itu kompor, elektronik dan barang lainnya yang berhubungan dengan listrik saat ingin meninggalkan rumah, karena saat ini kita masih dilanda kemarau dan selalu waspada terhadap kebakaran, dan mudah mudahan kita semua tidak terlalu lama menghadapi musim kemarau ini." Tutupnya.


(Ish/Jhr)

TerPopuler