Lokakarya Mini Lintas Sektoral Bidang Kesehatan Kecamatan Bakauheni, Pentingnya Menjaga PHBS

Jumat, 23 Juni 2023

Lokakarya Mini Lintas Sektoral Bidang Kesehatan Kecamatan Bakauheni, Pentingnya Menjaga PHBS

Jumat, 23 Juni 2023,

 



LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -
Dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, bukanlah menjadi tanggung jawab sektor Kesehatan, Puskesmas atau Rumah Sakit semata, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak.


Karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau manusianya tidak sehat.

Berkaitan dengan hal tersebut Pemerintah Kecamatan Bakauheni menggelar Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektor bidang kesehatan, yang dihelat di aula setempat, pada Jum'at (23/6/2023).


Acara tersebut dihadiri langsung oleh Camat Bakauheni Furqonuddin, SE, MM, Sekretaris Kecamatan Alfanizar, SE, KUPT Puskesmas RI Bakauheni Ns. Zimmer Fernando Marpaung, S.Kep.MKM, KUPT Persampahan Bakauheni Muherwan, KUPT Pasar Bakauheni Erwanto, KUPT PU Syafruddin, Kepala KUA Bakauheni Pairus Abadi, Ketua TP.PKK Kecamatan Bakauheni Mas Herna, Korwil K3S Robani, Babinsa Koramil 0421-03/Pnh Peltu Gatot Haryono, Bhabinkamtibmas Polsek Penengahan Dirga, Korluh KB Edi Mirza, Kepala Desa Kelawi Bahtiar Ibrahim, Kepala Desa Bakauheni Sukirno, Pendamping Desa Ridwan, Serta Tim Penggerak PKK se-Kecamatan Bakauheni.

Camat Bakauheni Furqonuddin, SE, MM, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah Pemerintah Kecamatan dalam menanggulangi masalah kesehatan.


"Dengan adanya kegiatan Lokakarya Mini lintas sektor bidang kesehatan di Kecamatan Bakauheni ini, kita berharap seluruh masyarakat akan mengerti pentingnya menjaga kesehatan," ungkap Camat Bakauheni.

Furqonuddin, SE, MM, mengimbuhkan, masyarakat dapat menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sehingga kedepannya juga akan terhindar dari stunting.


"Kita juga menginginkan para orangtua, dapat mengerti, apalagi yang masih dalam tahap mengandung, mereka wajib mengerti pentingnya PHBS sehingga keuarga, anak-anaknya bisa cerdas dan sehat," imbuh Camat.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh Kepala Desa Bakauheni untuk terus mensosialisasikan kepada warganya untuk menjaga anak-anaknya yang masih bersekolah agar terhindar dari hal-hal pergaulan bebas yang dapat menimbulkan hal yang negatif.


Ditempat yang sama, KUPT Puskesmas RI Bakauheni Ns. Zimmer Fernando Marpaung, S.Kep.MKM menjelaskan, "tujuan kita kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesehatan, khususnya anak Balita khususnya yang di bawah 2 tahun, untuk mencegah terjadinya stunting," jelasnya.

Lanjutnya, "dan juga untuk meningkatkan koordinasi dari seluruh warga terkait hal-hal yang dibutuhkan atau diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan di Desa masing-masing di Kecamatan Bakauheni ini, sehingga akan tercapai Zero stunting." Tukas KUPT Puskesmas RI Bakauheni Ns. Zimmer Fernando Marpaung, S.Kep.MKM.


Dan dalam pantauan, acara dilanjut dengan rapat rembuk stunting serta penandatanganan komitmen seluruh Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika), TP PKK, serta Kepala Desa se-Kecamatan Bakauheni.
(Red)

TerPopuler