Kemendag RI Pantau Langsung Kebutuhan Bapok di Lamsel

Rabu, 28 Juni 2023

Kemendag RI Pantau Langsung Kebutuhan Bapok di Lamsel

Rabu, 28 Juni 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

H-1 jelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) memastikan kebutuhan Bahan Pokok (Bapok) stabil dan ketersedianya yang cukup.


Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas memantau secara langsung ketersediaan kebutuhan bahan pokok dan membagikan Sembako kepada warga di Pasar Inpres Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, pada Rabu (28/6/2023).


Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebutkan bahwa harga bahan pokok di Pasar Inpres Kalianda menjelang Hari Raya Idul Adha besok ini terpantau aman, untuk harga Bapok masih stabil dan stok cukup melimpah. 


“Harga ayam ras dan bawang terpantau turun, harga bawang merah Rp.40.000, bawang putih Rp. , kemudian cabai juga Rp. 40.000, jadi disini rata-rata harga masih dibawah acuan,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli hasan, saat melakukan sidak ke Pasar Inpres Kalianda.


Ia melanjutkan, kalau dulu ayam ras ini harganya murah terus, jadi mulai dari Natal, tahun baru, Lebaran harusnya normalnya Rp.38.000 sedangkan di pasar harganya Rp.32.000.


“Jadi untuk stok ayam ras tadi terpantau sudah mulai banyak kembali tidak ada kelangkaan atau harga yang diatas rata-rata. Harga ayam terpantau stabil dan masih bisa dikatakan murah. Kemudian telur, telur juga begitu kan seharusnya harganya Rp.27.000 - Rp.28.000 kemarin waktu Natal dan tahun baru menjadi Rp.26.000 jadi peternak ayam petelur rugi, saat tadi kami tanya harga telur masih termasuk stabil juga. Saat ini juga kami lebih sering mengadakan gerakan pasar murah di tiap-tiap daerah dengan tujuan harga yang di sediakan di pasar murah ini sudah termasuk harga dibawah standar nilai jual di pasar-pasar pada umumnya,” papar Zulhas.


Ati Purwati selaku penjual ayam juga mengatakan, "saya sangat kaget tadi kok tiba-tiba ada bapak menteri pak Zulkifli Hasan ke lapak ayam saya," ungkapnya.


“Alhamdulillah saya sangat bahagia bisa bertemu langsung sama bapak Menteri, apalagi tadi dagangan ayam saya di borong sama pak Menteri. Ya kalau harga ayam tadi saya jual untuk ayam ukuran 1Kg itu Rp.30.000, harga ayam tetep aman tidak melonjak." Tutup Ati purwati.

(ADJ/Red)

TerPopuler