Pokdarwis Pantai Minang Rua Optimis Jadi Pemenang dalam Ajang ADWI yang Dihadiri Langsung Kemenparekraf RI

Sabtu, 27 Mei 2023

Pokdarwis Pantai Minang Rua Optimis Jadi Pemenang dalam Ajang ADWI yang Dihadiri Langsung Kemenparekraf RI

Sabtu, 27 Mei 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Minang Rua, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) optimis akan menjadi juara  dan pemenang dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), yang dihadiri langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, pada Sabtu (27/5/2023).


Seusai acara kunjungan Kemenparekraf RI Sandiaga Uno, Ketua Pokdarwis Pantai Minang Rua Bahari Saiman Alex Candra, menjelaskan, "yang jelas ini suatu keunggulan bagi kami, terkait Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023, tahun ini Desa wisata Kelawi ini masuk ke kategori 75 besar Anugerah Desa Wisata dari 4783 Desa yang mendaftar untuk Lampung sendiri itu hanya Desa Wisata Kelawi yang masuk," jelasnya.

"Setiap Desa Wisata yag masuk 75 Besar tentu pasti akan dikunjungi oleh mas Menteri, tapi sebelum mereka datang ada tim juri yang menilai apapun yang di upload ke Jedesta di jejaring Desa Wista itu akan menjadi tim juri Apakah benar atau tidak sesuai atau tidak seperti itu," terangnya.


Dirinya berharap, "harapannya dengan kedatangannya Mas menteri ini akan mendongkrak daripada wisata yang ada di Desa Kelawi ini khususnya Pantai Minang Rua ini dan wisata itu tidak bisa berdiri sendiri artinya kami disini bergandengan dengan nelayan, souvenir, kuliner, disini juga ada kebun edukasi alpukat sipit Kelawi yang kemaren dinilai oleh profesor Azrul itu sangat luar biasa," harap Saiman.


Ketua Pokdarwis optimis Pantai Minang Rua akan menjadi juara dengan banyaknya potensi yang ada di Wisata tersebut.

"Artinya di wisata kelawi ini sangat banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan kedepannya harapan kami ini akan menambah dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat ke depannya," tegasnya.


Lanjutnya, "kalau kita lihat dari semua kesan dan pesan apa yang disampaikan oleh Profesor Azriel dan ibu Putu Ayu Anggraini artinya ada keunikan di Desa Wisata Kelawi ini, suatu keunikan yang memang tidak didapat di Desa-Desa lain, karena di sini dalam satu tempat itu berbagai macam-macam apa spot-spot ada, seperti air terjun, gua lalai, adanya green canyon, terus underceanya terus ada lagi pematang sunrice, ada lagi kebun edukasi memang itu sangat unik dan profesor tertarik dengan alpukat sipit Kelawi dan souvenir pak sumarna," imbuhnya.

Saiman menambahkan, "sejauh ini kami di bimbing dan dibina oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan dan di acara ADWI ini terutama untuk di penilaian 75 besar ini Dinas Pariwisata Provinsi itu sangat luar biasa support, dari tenaga pikiran, dan finansial yang mereka keluarkan ada untuk untuk mensupport bagaimana acara ini bisa berjalan dengan sukses gitu mereka bantu," tambah Ketua Pokdarwis Desa Kelawi.


"Dan ada beberapa poin yang mereka sampaikan artinya akan ada bantuan beberapa bantuan yang akan diturunkan di sini setelah acara ini dari Dinas Pariwisata Provinsi," Pungkas Saiman, yang didampingi oleh Perwakilan Nelayan Syamsul Ma'arif dan Pengelola Kebun Edukasi Alpukat Sipit Kelawi Sahbana Abdurrahman.

(Red)

TerPopuler