Anggota Komisi III DPRD Lamsel Sosialisasikan IPWK di Desa Gunung Terang

Kamis, 16 Februari 2023

Anggota Komisi III DPRD Lamsel Sosialisasikan IPWK di Desa Gunung Terang

Kamis, 16 Februari 2023,


Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Selatan, Jenggis Khan Haikal melakukan sosialisasi dan pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan lebih ke pengenalan tentang berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila.

Sesuai Permendagri 71/2012 Tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan Pasal 1 Ayat 1.

Hal tersebut disampaikan Legislatif dari Fraksi Demokrat Dapil 1 Kalianda itu saat mensosialisasikan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dipusatkan di Dusun 1 Desa Gunung Terang, Kecamatan Kalianda, Kamis, (16/2/23).

Dalam kesempatan tersebut dihadiri kepala Desa dan sekertaris Desa beserta perangkat Desa lainnya, tokoh masyarakat, tokoh agama, ibu-ibu PKK serta para tamu undangan.

Dikatakan, Wawasan Kebangsaan Adalah Cara Pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan Wilayah yang dilandasi Pancasila UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika Dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila merupakan penjelasan umum dalam ideologi,” ucap Jenggis.

Ideologi yang bersumber pada nilai-nilai yang terkandung dalam lima pasal pancasila merupakan aturan mengenai moral, karenanya pelaksanaan harus berdasarkan pada keyakinan dan kesadaran penggunanya.

Jika aturan pancasila sebagai ideologi negara dilanggar, maka hukuman berupa sanksi moral dan sanksi sosial harus bisa diterima,” tambahnya.

Dijelaskan, Pancasila sebagai ideologi negara mengalami masa perkembangan, seperti halnya di masa orde lama, orde baru dan era reformasi.

“Berbagai pihak dan ahli sepakat jika ideologi adalah kumpulan gagasan yang disepakati bersama dan merupakan ciri khas bangsa indonesia. Bangsa indonesia bangga memiliki pancasila sebagai ideologi yang terkandung dalam kelima asas pancasila dijadikan sebagai patokan aturan oleh bangsa ini dalam berbuat di kehidupan masyarakat serta bernegara,” terang Anggota komisi III DPRD Lampung Selatan itu.

Dalam kesempatan tersebut praktisi hukum itu mengajak masyarakat untuk mengamalkan ke 5 (lima) sila Pancasila.

Dengan tujuan mengembangkan persatuan Indonesia, sehingga bisa atau dapat mempertahankan keutuhan NKRI itu dengan berdasarkan azas Bhinneka Tunggal Ika.

Negara Indonesia yang bersatu bisa atau dapat mewujudkan bangsa yang maju, sejahtera serta sejajar dengan bangsa lain.

Wawasan kebangsaan itu harus selalu berlandaskan Pancasila, sebagai ideologi bangsa Indonesia serta berhasil menjalankan misi ditengah kehidupan tata negara di dunia,” tutupnya. (*/Red)

TerPopuler