Terealisasi Seratus Persen..!! BLT DD Kemukus Tahun 2022

Selasa, 20 Desember 2022

Terealisasi Seratus Persen..!! BLT DD Kemukus Tahun 2022

Selasa, 20 Desember 2022,

 


LAMSEL (KETAPANG), BONGKARSELATAN.COM -
Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemukus Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IV tahun 2022. Selasa (20/12/2022).


Acara penyerahan BLT-DD dilaksanakan di kantor Desa setempat, yang dihadiri oleh Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP, Kades Kemukus Sumardi, Pendamping Desa, BPD, LPM, Tokoh pemuda, Aparatur Desa serta seluruh masyarakat penerima BLT-DD.


Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2022 ditahap IV senilai 900 ribu selama tiga Bulan, terhitung Bulan Oktober, November dan Desember, kepada 100 (Seratus) Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Kepala Desa Kemukus, Sumardi memaparkan bahwa penyaluran BLT DD merupakan tahap IV kepada 100 KPM.


"Penyaluran BLT DD ini utamakan untuk kebutuhan pokok pangan, kalau ada sisanya untuk kebutuhan anak sekolah," papar Sumardi.


Dirinya berharap agar bantuan tersebut bisa di manfaatkan semaksimal mungkin dalam membantu kebutuhan rumah tangga serta pemulihan ekonomi masyarakat.


"Untuk periode tahun depan tetap ada perubahan karena harus sesuai dengan peraturan juga yang maksimal 25 persen untuk masyarakat miskin ekstrim, serta juga kita akan melihat dulu pagu tahun depan, yang jelas kita lihat dulu anggaran tahun depan," tukas Kades Kemukus Sumardi.


Ditempat yang sama, Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP memaparkan bahwa BLT DD tersebut diutamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok KPM.


"Alhamdulillah hari ini penyaluran BLT DD di Desa Kemukus sudah disalurkan tiga bulan, Oktober, November, Desember, semoga ini bermanfaat bagi para KPM khususnya untuk pemenuhan kebutuhan pokok terlebih dahulu, kalaupun ada sisanya untuk kebutuhan anak sekolah," papar Rendy Eko Supriyanto, S.STP.


Camat Ketapang juga menghimbau kepada KPM untuk memanfaatkan 3K yakni Kebun, Kandang dan Kolam untuk mencegah inflasi.


"Dan tetap pemanfaatan tiga K juga Kebun, Kandang, Kolam, kita cobalah untuk menanam-naman cabe, bawang, dan lainnya untuk mencegah inflasi," harap Camat Ketapang.


Serta untuk tahun 2023, Camat Ketapang menjelaskan terkait KPM tahun depan dengan kategori miskin ektrim, masih menunggu nilai Pagu dan regulasi dari Peraturan Kementrian Desa (Kemendes), Kementrian Keuangan (Kemenkeu) serta Peraturan Bupati (Perbup) Lamsel.


"Melalui Musdesus Desa masing-masing ditetapkan kembali siapa penerima manfaat yang berhak tentunya regulasi dari Kemendes dan Kemenkeu disesuaikan dengan jumlah total pagu anggaran nanti baik dari Perbup maupun Kemendes nanti." Pungkas Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP.

(Bst)

TerPopuler