Musrenbangdes Kota Dalam Mengacu Peraturan Kemendes Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan DD Tahun 2023

Kamis, 10 November 2022

Musrenbangdes Kota Dalam Mengacu Peraturan Kemendes Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan DD Tahun 2023

Kamis, 10 November 2022,

LAMSEL (SIDOMULYO), BONGKARSELATAN.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Kota Dalam menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2023, di Aula Desa Kota Dalam, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), pada Kamis (10/11/2022). 


Hadir dalam gelar acara tersebut, Erman Suheri Camat Sidomulyo, Ariyanto Kepala Desa Kota Dalam, Bambang Priyanto KUPTD Puskesmas Sidomulyo, Ni Ketut Sri Astini KUPTD Pajak Sidomulyo, Iptu. Maulana Sukma Bhabinkamtibmas, Peltu. Sarino Babinsa, Sidik KUPTD Pasar Sidomulyo, M. Nasir Ketua BPD Desa Kota Dalam, seluruh perangkat Desa serta masyarakat setempat.


Dalam kegiatan itu, Erman Suheri selaku Camat Sidomulyo memaparkan, peraturan Kemendes Nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana Desa tahun 2023.


“Musrembangdes ini adalah yang kedua saya hadiri di Kecamatan Sidomulyo, tadi pagi di Desa Bandar Dalam dan sekarang di desa Kota Dalam, merucut kepada peraturan Kemendes Nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023,” jelasnya.


Erman Suheri juga menambahkan, terkait Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023 untuk penerima manfaat tetap ada dengan ketetapan maksimal 25%, namun dengan kriteria tertentu, tidak lagi yang terdampak Covid-19.


“BLT-DD tetap ada tapi maksimal hanya 25% dimana sebelumnya 40%, kemudian kriterianya bukan lagi yang terdampak Covid melainkan kemiskinan ekstrem, yang pertama adalah keluarga miskin yang penghasilannya satu bulan dibawah Rp. 500.000,- yang kedua didalam rumah tangga itu ada yang memiliki penyakit kronis, yang ketiga rumah tangga tunggal (sebatang kara), dan kriteria selanjutnya ada keluarga yg difabel (cacat),” ungkapnya.


Masih dalam rangkaian kegiatan acara, Kepala Desa Kotadalam Ariyanto juga menjelaskan, Musrembangdes Perdana yang dilaksanakannya.


“Ini Musrenbangdes pertama saya menjabat, Alhamdulilah tadi telah kita paparkan semua usulan - usulan dari masyarakat, mudah - mudahan di tahun depan ada kegiatan - kegiatan yang dapat terealisasi,” ucapnya.


Ariyanto juga menegaskan, Program Prioritas di Desa yang di pimpinnya itu, untuk tahun 2023 berada di Dusun 5 Desa Kota Dalam, terhambat karena Pandemi Covid-19 selama dua tahun yang melanda Negeri kita tercinta.


“Program prioritas untuk tahun 2023 masih di dusun 5, kita ada fisik namun terhambat karena Covid selama 2 tahun, tidak ada pembangunan dan itu masih tersisa sekitar 200 meter cor beton berikut TPT.” Pungkas Ariyanto. 

(Red)

TerPopuler