Festival Krakatau 2022, Menparekraf Sandiaga Uno ; Destinasi Wisata Lampung Berdaya Saing Global

Sabtu, 27 Agustus 2022

Festival Krakatau 2022, Menparekraf Sandiaga Uno ; Destinasi Wisata Lampung Berdaya Saing Global

Sabtu, 27 Agustus 2022,
LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -
Kementrian Pariwisata Ekonomi Keatif buka secara resmi Pesona Kemilau Festifal Krakatau ke-31 tahun 2022 yang berlangsung di Anjungan Agung Terminal Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Sabtu (27/8/2022).


Hadir dalam acara tersebut Mentri Pariwisata Ekonomi Keatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi, Direktur Utama Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspa Dewi, Kapolres Lamsel Edwin, Kodim 0421/ LS, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamsel, Budayawan, Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS), Muli Mekhanai Lamsel, beserta jajaran Uspika Kecamatan Bakauheni.


Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, jika Festival Krakatau tahun 2022 mampu membantu kebangkitan ekonomi yang ada di Lampung, serta jika Festival Krakatau telah berhasil masuk kedalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yang telah diseleksi dan dikurasi dengan penuh kehati-hatian.


"Sejarah Krakatau ini sangat menarik sekali dan punya keindahan tersendiri, Destinasi wisata di Lampung telah mampu unggul dan berdaya saing secara global," ungkap Sandiaga Uno.


Menurutnya, penyelenggaraan event Festival Krakatau yang diadakan rutin setiap tahun juga menyuguhkan kearifan lokal, seni budaya serta edukasi yang dikemas dalam bentuk tour.


"Ini nanti kedepan harus disiapkan paket untuk perjalanan para wisatawan karena ini memiliki nilai sejarah berkelas dunia. Kita perlu siapkan paket dengan konsep yang berkualitas dan berstandar nasional," terangnya.


Pada kesempatan tersebut ia juga mengungkapkan saat ini tengah menargetkan untuk menciptakan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru yang berada di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.


"Menara Siger dan juga Jatim Park yang tengah dikembangkan di Lampung  ini menjadi salah satu proyek besar dan menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga perekonomian Daerah juga akan meningkat," ungkap Menparekraf.

Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi mengungkapkan bahwa jika Provinsi Lampung memiliki banyak potensi wisata yang berkelas internasional dan mampu bersaing secara internasional.


"Kita bisa melakukan kunjungan wisata ke anak gunung Krakatau dan ini hanya ada di Lampung. Tempat nya juga strategis karena dekat dengan pelabuhan sehingga masyarakat mudah untuk menjangkau," Ungkap Gubernur.

Arinal juga mengungkapkan jika dirinya tengah mengusulkan ke pemerintah pusat untuk menjadikan Pelabuhan Bakauheni menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Sebelum pandemi pariwisata menajadi penyumbang defisa terbesar dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi selain pertanian. Seiring dengan menurun nya pandemi maka ini diharapkan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi Lampung." Pungkas Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

(Bst)


TerPopuler