Akibat Hujan Deras dan Gorong - Gorong Jebol, Puluhan Hektar Sawah di Lubuk Jukung Terendam Banjir

Rabu, 02 Februari 2022

Akibat Hujan Deras dan Gorong - Gorong Jebol, Puluhan Hektar Sawah di Lubuk Jukung Terendam Banjir

Rabu, 02 Februari 2022,

 


KALIANDA, Bongkarselatan.com - Gorong gorong yang berada di dusun 6 Lubuk Jukung Desa Negeri Pandan Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, kurang lebih 50 hektar sawah milik warga terendam sejak Selasa ( 01/02/2022 ) 



Menurut warga yang enggan menyebutkan namanya bahwa banjir merendam puluhan hektar sawah kemarin akibat hujan yang mengguyur senin malam hingga selasa siang ditambah lagi gorong - gorong di dusun 6 Lubuk Jukung tersumbat lalu gorong - gorong jebol. Akibatnya air tersebut langsung merendam area persawahan. 



"Akibatnya sekira puluhan hektar sawah terendam termasuk sawah milik saya, " Ujarnya.



Sementara itu warga lain sebut saja R saat ditemui dirumahnya kemarin menjelaskan, curah hujan tinggi mengakibatkan gorong gorong jebol dan airnya masuk kewilayah persawahan warga hingga kurang lebih tinggi selutut orang dewasa. menurutnya, datangnya banjir tidak lain penyebabnya gorong gorong memang berumur sudah tua atau hal layaknya perlu diperbaiki, ditambah hujan lebat tersebut tidak tertampung lagi," tegasnya



Kemudian pihaknya berharap kepada pemerintah agar bisa memperbaiki buruknya gorong - gorong tersebut. Jika tidak mungkin kembali akan berpontensi banjir susulan. 


"Pemerintah harus tanggap atas persoalan ini dan mencari solusinya agar tidak kembali terjadi," karena saat ini terlihat sudah puluhan hektar persawahan mengalami gagal panen," tutupnya


(Juhri)

TerPopuler