Dirut LPHPA Menjadi Narasumber Dalam Kegiatan Penguatan Kapasitas Forum Anak Desa di Kecamatan Penengahan.

Jumat, 29 Desember 2023

Dirut LPHPA Menjadi Narasumber Dalam Kegiatan Penguatan Kapasitas Forum Anak Desa di Kecamatan Penengahan.

Jumat, 29 Desember 2023,


BONGKARSELATAN.COM, LAMSEL - Sebagai generasi penerus dan pewaris Bangsa untuk mengisi pembangunan, maka keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapat perhatian dengan memberikan perlindungan kepada anak dari hal hal yang merusak dan mengganggu perkembangan dan pertumbuhan anak. 


Perlindungan terhadap anak ini bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup tumbuh berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat anak serta mendapat perlindungan dari tindak kekerasan, diskriminasi demi terwujudnya anak yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera. Untuk mewujudkan hal tersebut berbagai kebijakkan telah dilakukan oleh Pemerintah.

Bidang Partisipasi Anak dengan membentuk wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengar dan menyuarakan aspirasi pendapat dan harapan anak sebagai bentuk partisipasi anak dalam proses pembangunan. 


Forum Anak adalah organisasi anak yang belum berumur 18 tahun merupakan wadah anak untuk  menyalurkan bakat dan minatnya yang dikelola oleh Pemerintah sebagai media untuk memenuhi hak anak di bidang pembangunan.


Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Selatan bersama pihak kecamatan penengahan, dan Desa yang ada di kecamatan penengahan ikut peran aktif untuk merespon hal tersebut. Dengan mengadakan Kegiatan Penguatan Kapasitas Forum Anak Desa.

Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Serbaguna (GSG) Radin Intan II Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Kamis,(28/12/2023). 


Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 80 peserta dari Anak-anak Pelajar Remaja, yang tergabung dari beberapa Desa yang ada di Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. 


Dan yang menjadi  Narasumber kegiatan itu adalah, Direktur Lembaga Pemerhati Hak Perempuan dan Anak (LPHPA) Toni Fisher. 


Direktur LPHPA, Toni Fisher, saat diwawancarai media ini di lokasi kegiatan mengatakan, " Diharapkan melalui kegiatan yang dilaksanakan anak-anak hari ini bisa mengembangkan kreatifitas positifnya, dalam rangka mewujudkan kehidupan anak yang lebih baik untuk masa yang akan datang.


Adapun tujuan kegiatan ini yaitu, mendorong anak aktif mengembangkan dirinya sesuai dengan potensi, minat dan kemampuannya, mempercepat proses pemenuhan Hak Anak, dan meningkatkan hubungan antara forum," Pungkasnya.


(Ish)

TerPopuler