SDN 1 Sukaratu Kuatkan Tema Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Jumat, 08 September 2023

SDN 1 Sukaratu Kuatkan Tema Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Jumat, 08 September 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Sukaratu, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), gelar kegiatan Jum'at sehat dengan melaksanakan senam dan latihan tari topeng, serta latihan pincak silat, pada Jum’at (8/9/2023). 


Senam pagi tersebut merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan guna untuk menjaga kebugaran jasmani para Dewan guru dan peserta didik di Sekolah, sebagai bentuk edukasi dalam menjaga kesehatan.

Guru olahraga SDN 1 Sukaratu Yuli mengungkapkan, "gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Pancaran sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan atau belajar sehari-hari," ungkapnya.


Yuli mengimbuhkan, "senam juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak,  juga bisa mengurangi stres," imbuhnya.

Ditempat yang sama, Pelatih tari Delitika Septiana  juga menambahkan, "selain senam pagi kita juga mengadakan seni keterampilan Ecoprint, dan latihan tari Tuping serta latihan pincak silat, setelah kegitan senam, untuk mengenal kan dan mencintai Budaya Daerah Lampung sebagai salah satu akar Budaya Nasional," tambahnya.


Kepala SDN 1 Sukaratu Meyliza Hermiyati, S.Pd.SD., Gr. mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut akan digelar secara rutin setiap pekannya.


"kita akan melakukan kegiatan ini dengan rutin, setiap hari Jum'at jika cuaca nya cerah, supaya anak-anak sehat, dan kita mengenal kan dan melatih anak-anak kita sejak dini supaya cerdas dan lebih mengenal Seni, Budaya Indonesia, khususnya Seni Lampung tercinta ini, agar  bisa, Meningkatkan dan memberdayakan Kearifan lokal yaitu seni adat Lampung yang menjadi salah satu tema Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)," tukas Kepala SDN 1 Sukaratu.


Dalam pelaksanaan P5 khususnya di SDN 1 Sukaratu yaitu setiap hari Sabtu. Disini semua peserta didik dari kelas 1-6 dilibatkan  dalam menggali minat dan bakat mereka sejak dini.

Kegiatan P5 diantaranya yaitu seni berupa tarian yang dilatih oleh ibu Maya dan ibu Mia Rizqi Madina. Sedangkan  kaligrafi dibimbing oleh bapak Lingga Ardi Galabi, prakarya ecoprint oleh ibu Mia Rizqi Madina, Mural oleh bu Maya dan berbagai macam kegiatan lainnya yang dibimbing oleh ibu Sukma Sulistyawati, ibu Laelatul Karimah dan ibu Ernalistya sebagai  pendidik di SDN 1 Sukaratu. 


Untuk kegiatan ekstrakulikulernya adalah Pramuka yang mana pembinanya adalah Dekiansyah, Lingga Ardi Galabi dan Delitika Septiana.


"Harapan kami ke depannya adalah mewujudkan peserta didik yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila melalui Merdeka Belajar yang Berpihak pada Murid." Pungkasnya.

(Kho/Red)

TerPopuler