Acara Musrenbangdes Desa Hara Banjar Manis Di Awali Dengan Kesenian Adat Tari Sembah

Kamis, 30 November 2023

Acara Musrenbangdes Desa Hara Banjar Manis Di Awali Dengan Kesenian Adat Tari Sembah

Kamis, 30 November 2023,


LAMSEL, BONGAKARSELATAN.COM - 

Pemerintah Desa (Pemdes) Hara Banjar Manis (HBM) Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, (Lamsel), menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2024, yang di gelar di halaman kantor Desa setempat, Kamis (30/11/2023). 


Acara diawali dengan Pertunjukan kesenian Adat, Tari Sembah yang dibawakan oleh anak-anak dari Sanggar Banjar Punggawa, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Mars Lampung Selatan serta Do'a. 

Musrenbangdes di gelar dalam rangka Pembahasan dan kesepakatan Rancangan RKP Desa dan kesepakatan Daftar Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2024 yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan serta pemilihan dan penetapan delegasi Desa.


Yang mana peserta Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tersebut telah menyepakati Daftar Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2024. Dan di tuangkan dalam Berita Acara Hasil Musrenbang Desa, yang di tandatangani oleh Unsur Pemerintahan Desa dan Perwakilan Masyarakat.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Camat Kalianda Muhamad Nur SE, kasi Ekobang Sohari, Kepala Desa (Kades) Syafruddin, Sekretaris Desa (Sekdes), BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, LPM, Pendamping TA Kabupaten, Pendamping Desa Kecamatan, Pendamping lokal Desa, Kupt Puskesmas Kalianda, Kupt Pertanian, Kurluh KB, Dinas Perikanan, Kupt PU, Kupt Perternakan, Dinas Pajak, Kader PKK, Kader Posyandu, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda,  seluruh Aparatur Desa dan para tamu undangan. 


Dalam sambutannya Camat Kalianda yang diwakili oleh Sekretaris camat Muhamad Nur SE, mengatakan, tujuan musrenbangdes ini adalah untuk sama-sama melihat apa yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa di tahun 2024, pembangunan nya apa, kegiatan-kegiatannya apa saja yang nanti akan disampaikan pak.kades.Silahkan nanti ada hal-hal yang kurang pas boleh sumbang saran sama pak kades, tetapi sumbang saran dan usul tidak semua harus terkaper atau bisa dimasukkan dalam anggaran, karena kita harus melihat pagu yang ada atau anggaran yang ada, apakah cukup. Yang paling utama adalah yang urgent terlebih dahulu. karena kenapa, saya yakin Desa Hara Banjar Manis ini insya Allah di tahun depan bisa, " tukasnya dengan singkat. 

Masih di tempat yang sama, Kepala desa Hara banjar manis Syahruddin saat di wawancarai media Bongkarselatan.Com  bersama rekan-rekan media yang lain mengatakan, "dalam musrenbangdes ini kami prioritaskan pembangunan fisik, dan desa kami ini masih banyak jalan yang belum terealisasi dan kami masih sangat butuh perhatian dari Bapak Bupati Lampung Selatan.


"Terkait tentang Dana Desa (DD) 2024 lanjut Kades, saya selaku mewakili kades se - Lampung Selatan, harapan kami semua dana desa agar di kembalikan lagi ke poksinya atau di realisasikan sebagai mana mestinya, Dana desa itu di kembalikan ke desa kalaupun itu ada siltap ataupun tunjangan di ambillah itu dari ADD jangan dari DD nya ini adalah harapan semua kepala desa yang ada di Lampung Selatan ini. DD itu di bangunkan untuk fisik saja, memang di situ ada kenaikan tunjangan kita namun di ambil dari dana desa sementarakan dana desa itu sudah di suarakan kementerian desa itu harus betul- betul di gunakan untuk pembangunan desa bukan untuk insintip, siltap ataupun tunjangan. Kalau ini sampai di kembalikan lagi sebagaimana mestinya atau poksinya bahwa DD itu untuk pembangunan desa seperti yang saya sebutkan di atas kami sangat acungi jempol kepada Bupati Lampung Selatan. " Pungkas Syahruddin. 

(Ish)

TerPopuler