Fraksi PKS DPRD Lamsel Apresiasi Kenaikan Rencana Pendapatan Daerah

Senin, 16 Oktober 2023

Fraksi PKS DPRD Lamsel Apresiasi Kenaikan Rencana Pendapatan Daerah

Senin, 16 Oktober 2023,


Bongkarselatan.com –
 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Selatan (Lamsel) Fraksi PKS mengapresiasi dengan kenaikan Rencana Pendapatan Daerah sebesar, Rp. 2.409.143.671.612,000 naik sebesar Rp 213.456.328.543 atau (9,72 %) dari rancangan tahun sebelumnya, senilai Rp 2.195.687.343.069,-

Hal tersebut disampaikan juru bicara Fraksi PKS Dede Suhendar dalam pandangan Umum dalam Rapat Paripurna DPRD Lamsel dengan agenda penyampaian nota keuangan Ranperda APBD Lamsel TA 2024 oleh Bupati Nanang Ermanto, Senin, (16/10/23).

Menurutnya PAD yang direncanakan sebesar Rp. 375.216.807.612, atau 15,57% yang telah memberikan sumbangsih dari Pendapatan Daerah.

“Angka persentase PAD tersebut masih sama dengan rata-rata 508 Kabupaten Kota Se-Indonesia yang harapannya kita mampu meningkatkan PAD tersebut untuk menunjang berbagai belanja, kedepan, agar tidak tergantung terhadap Pemerintah Pusat. Caranya agar memetakan Kembali sektor-sektor Potensial yang mampu mendongkrak PAD” ujarnya.

Dalam Program Penanganan Stunting, Fraksi PKS berharap Pemerintah Daerah Fokus terhadap ketepatan sasaran Program, by name, by address, bukan hanya sekedar Formalitas kegiatan.

“Validasi data harus detail menggunakan E-PPGBM (Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) bukan hanya menggunakan data Sampling. Follow up terhadap kegiatan tersebut, setiap bulan kader Posyandu dapat melakukan pengukuran untuk memformulasikan kebijakan penanganan yang tepat” kata Dede.

Dalam pandangan umumnya, Fraksi PKS juga meminta Pemerintah Daerah untuk memperbaharui dan memverifikasi data terpadu Kesejahteraan, Sosial secara berkala agar Pemberian BLT kepada Masyarakat dapat tepat sasaran.

“Karena kami fraksi PKS mendapatkan masukan dari masyarakat, masih banyak Penerima BLT yang tidak tepat sasaran. BLT merupakan jaring pengaman sosial yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup penduduk miskin. Agar tidak terjadi ketimpangan dan kecemburuan sosial ditengah masyarakat” pungkas Dede.

Fraksi PKS juga menyoroti pembangunan infrastruktur di Bumi Khagom Mufakat yang dianggap cepat rusak.

Diketahui dalam Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian Nota Ranperda APBD Lamsel TA 2024 dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H. Hendri Rosyadi, SH. MH yang didampingi Wakil Ketua I Agus Sartono, Wakil Ketua II Agus Sutanto, Wakil Ketua III Amelia Nanda Sari dan Sekwan Thomas Amirico. (Adv)

 

TerPopuler