Slanik Waterpark Jadi Alternatif Study Tour SDN Banjarmasin

Selasa, 16 Mei 2023

Slanik Waterpark Jadi Alternatif Study Tour SDN Banjarmasin

Selasa, 16 Mei 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Study tour atau karya wisata merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan di dunia pendidikan. Karya wisata atau study tour dirancang untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan, edukatif, dan menggali kreativitas para siswa di luar ruang kelas.  


Kegiatan study tour Sekolah Dasar (SD) biasanya berupa pesiar atau kunjungan ke objek tertentu untuk memberi tambahan pengalaman belajar siswa. Beberapa objek yang sering menjadi tempat kunjungan karya wisata antara lain museum, situs bersejarah, pabrik, kebun binatang, bentang alam, bahkan tempat wisata sekalipun.

Namun, karena pandemi Covid-19 kegiatan belajar-mengajar terpaksa harus diselenggarakan secara daring untuk menghindari risiko penularan virus. Objek study tour juga harus ditutup untuk mencegah terjadinya kerumunan. Akibatnya, banyak Sekolah meniadakan kegiatan study tour. Padahal study tour adalah salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu para siswa.


Alhamdulillah pada tahun 2023 ini objek wisata sudah dibuka dan study tour sudah bisa dilakukan, contohnya Sekolah Dasar Negeri (SDN) Banjarmasin, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang melaksanakan Study Tour sekaligus perpisahan Murid Kelas VI ke Slanik Waterpark yang berareal di Karang Anyar No.10, Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), pada Selasa (16/5/2023).



Dalam pantauan, pagi sebelum keberangkatan, Guru Pendidikan Agama Islam SDN tersebut Winra Noveka, S.Pd memimpin do'a sebelum keberangkatan agar kegiatan Study Tour dapat berjalan dengan lancar dari berangkat hingga sampai kembali lagi dengan selamat.


Acara tersebut di pimpin langsung oleh Kepala SDN Banjarmasin Syaifulloh, S.Pd beserta Dewan Guru, diikuti oleh Komite Sekolah, serta peserta didik Kelas VI yang baru saja selesai melaksanakan Ujian Sekolah (US).

Kepala SDN Banjarmasin Syaifulloh, S.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan acara Study Tour sekaligus Perpisahan siswa-siswi Kelas VI sebagai kenangan bersama murid yang akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.


"Dan semoga anak-anak kita ini nanti dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan bisa sukses meraih cita-citanya." Tukas Pak Ipul sapaan akrabnya.

(Red)




TerPopuler