Revitalisasi Pers Sebagai Pilar Demokrasi, Menuju Jurnalis Lampung Selatan Berkualitas

Kamis, 09 Februari 2023

Revitalisasi Pers Sebagai Pilar Demokrasi, Menuju Jurnalis Lampung Selatan Berkualitas

Kamis, 09 Februari 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Media Bongkarselatan helat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 yang bertajuk 'Revitalisasi Pers Sebagai Pilar Demokrasi' yang digelar di halaman depan kantornya, yang berlokasi di Lakar Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), pada Rabu (8/2/2023).


Hadir dalam acara HUT yang juga bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) tersebut, Direktur Utama (Dirut) Randy Patra, Direktur BUMD Lamsel yang juga sebagai tokoh senior jurnalis Lamsel Edy Setiawan, Ketua KPU Lamsel Ansurasta Razak, Ketua Bawaslu Lamsel Hendra Fauzi, Kapolsek Kalianda yang diwakili Bhabinkamtibmas, Danramil yang diwakili oleh Babinsa, Ketua KJHLS Dony Armadi, Ketua GWI Lamsel Beddy Rizal, Sekretaris Kelurahan Way Urang, Kepala Desa Tajimalela Qomarudin Akbar, Lembaga Bantuan Hukum Lampung Selatan, Organisasi Mahasiswa se-Lamsel, para Jurnalis se-Lamsel, serta masyarakat sekitar Lakar Kelurahan Way Urang Kecamatan Kalianda.

Acara tersebut berjalan dengan haru saat Dirut Media Bongkarselatan.com, Randy Patra menyampaikan sambutan, karena mengingat perjuangan para pendiri  Media tersebut, sehingga bisa mencapai usia beranjak dewasa ditahun 2023.


"Terimakasih kepada rekan-rekan semua yang sudah sempat hadir dalam acara HUT Bongkarselatan," terangnya.


Mengingat kilas balik perjuangan para pendiri dulu namanya Bongkar dan sekarang menjadi Bongkar Selatan, seiring dengan perkembangan zaman dari Media cetak hingga kini jadi Media Online yang lebih cepat, praktis dan efisien.

"Dengan semangat juang itu kami segenap Redaksi berusaha secara masif untuk selalu berada di tengah-tengah masyarakat sebagai penyambung aspirasi dengan menyampaikan informasi yang tercepat dan akurat untuk publik," imbuhnya.


Randy melanjutkan, "sebagai media lokal kami juga mengajak teman-teman Pers dan kawan-kawan mahasiswa untuk selalu aktif melakukan diskusi sebagai bentuk kerinduan kita dikarenakan beberapa tahun ini kita dilanda pandemi yang begitu panjang," tambah Dirut Media Bongkarselatan.com.


Dirut Media Bongkarselatan.com berharap, "sebagai Lokomotif Informasi kami juga berharap dapat menjadi salah satu inspirasi dalam membantu mewujudkan pembangunan di Lampung Selatan," tukas Randy Patra.


Acara dilanjut dengan pemotongan tumpeng serta pembagian sembako kepada warga sekitar Lakar Kelurahan Way Urang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lamsel.

Usai acara tersebut juga diisi dengan acara diskusi yang bernarasumber dari tokoh jurnalis senior Lampung Selatan Edy Setiawan, Ketua KPU Lamsel Ansurasta Razak, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Lamsel Hendra Fauzi yang dimoderatori oleh Aulia Anisa.


Tokoh jurnalis senior Lampung Selatan, menyampaikan, "revitalisasi adalah alat vital, tapi sebagai seorang wartawan, darahnya, girohnya, semangatnya, profesionalitasnya, balancingnya," terang Edy Setiawan.


Ia menambah kan, "kita itu mempunyai daya dorong yang tinggi untuk menggedor seseorang, menggedor lembaga, dan menggedor penguasa yang salah. Revitalisasi pers ini bisa terlaksana, dengan pelan-pelan untuk  teman-teman yang belum memiliki sertifikat wartawan dari UKW Muda, Madya dan Utama," imbuh Edy Setiawan yang juga menjabat sebagai Dirut BUMD Kabupaten Lamsel.

Edy Setiawan mengapresiasi media Bongkarselatan.com dengan management yang sudah baik di Lampung Selatan.


"Jadikan Diskusi ini sebagai langkah awal kita untuk meningkatkan independensi, profesionalitas dan lain-lain sehingga menjadi wartawan yang berkualitas, sehingga kita di akui sebagai wartawan yang mempuni di Lampung Selatan," tukas bang Edy sapaan akrabnya.


Ketua KPU Lamsel, Ansurasta Razak menyampaikan regulasi terbaru dari PKPU nomor 6 tahun 2023, bahwa ada perubahan di Dapil, "ada perubahan beberapa di Dapil di Lampung Selatan, perubahan isi dari kursi di Dapil itu, DPRD Lampung sel masih 50 kursi, kemudian Dapilnya masih 7, tetapi isinya ada yang berubah, ada dua Kecamatan yang bertambah kemudian dua Kecamatan yang berkurang, Dapil 9 bertambah satu kursi dari 8 menjadi 9 kursi ini Kecamatan Natar, kemudian Dapil 6 dari 7 jadi 8 kursi, Dapil 3 berkurang dari 8 menjadi 7 kursi dari 8 menjadi 7, Dapil 7 berkurang satu kursi dari 8 menjadi 7," Ketua KPU Kabupaten Lamsel.

Ketua KPU Kabupaten Lamsel berharap, "pada intinya bahwa KPU tidak bisa mensuksekkan Pemilu ini hanya sendirian, Kami penyelenggara Pemilu, Bawaslu, KPU, DKPP harus melibatkan semua pihak, tidak terkecuali teman media, karena dalam penyelenggaran pemilu harus terbuka, pada prinsipnya keterbukaan dan keterbukaan itu harus sampai kepada seluruh lapisan masyarakat, maka dengan kerendahan hati Kami memohon bantuan dari semua pihak, teman-teman media, pers baik secara kelembagaan atau personal bantu kami untuk mensukseskan Pemilu 2024," tukas Ansurasta Razak.


Setali tiga uang, Ketua Bawaslu Lamsel, Hendra Fauzi mengucapkan selamat atas perayaan HUT Bongkarselatan, "semoga Bongkarselatan dan seluruh media yang di Lampung Selatan bisa terus eksis, bisa terus profesional, bisa memberikan berita yang baik, transparan dan berimbang," pungkas Ketua Bawaslu Lamsel.

Dalam acara diskusi tersebut berlangsung dayung bersambut menghidupkan suasana baik pemaparan, pernyataan bahkan pertanyaan dari jurnalis dan himpunan dari berbagai kemahasiswaan yang ada di Lampung Selatan.


Dan pada intinya acara diskusi tersebut menuju para jurnalis di Lampung Selatan untuk lebih profesional, berkualitas sebagai Pilar Demokrasi.

(Red)





TerPopuler