Kepala Dinas PMD, Pentingnya Transparansi Dana Desa

Kamis, 12 Januari 2023

Kepala Dinas PMD, Pentingnya Transparansi Dana Desa

Kamis, 12 Januari 2023,

 


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Erdiansyah,SH.MM, menghimbau kepada seluruh Kepala Desa untuk Transparasi terhadap penggunaan Dana Desa (DD), Rabu (11/1/2023).


“Kami dari DPMD selalu mengingatkan Pemerintah Desa agar tertib administrasi, mulai dari penyusunan, pelaksanaan hingga pelaporan,” kata Erdiansyah.


Menurut Erdi sapaan akrab Erdiansyah,SH.MM, Bahwa, "korupsi Dana Desa diakibatkan oleh mal administrasi dan kurangnya transparansi serta pengawasan, dirinya juga menjelaskan langkah dan upaya pihak DPMD guna mencegah korupsi dana desa," ujarnya.


"Pemerintah Desa harus tertib administrasi mulai dari tahap penyusunan, pelaksanaan hingga tahap pelaporan serta pentingnya peran Camat sebagai Pengawas dalam memberikan rekomendasi pencairan Dana Desa dan pelaksanaan program Desa," tambahnya.


Penindakan kasus Korupsi Dana Desa yang dilakukan oleh aparat penegak hukum berdasarkan data ICW menempati urutan pertama yakni sebanyak 154 kasus pada tahun 2021 yang berpotensi merugikan negara Rp233 miliar.


Mantan Ketua Karang Taruna Indonesia Kabupaten Lampung Selatan periode 2017 - 2022, mengingatkan "Perlunya masyarakat untuk dapat mengawasi penggunaan Dana Desa sehingga benar-benar dilaksanakan sesuai regulasi." Tutupnya.

(*/Red)

TerPopuler