Anggota Komisi II DPR-RI bersama Bawaslu Helat Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Desa Bakauheni

Kamis, 08 Desember 2022

Anggota Komisi II DPR-RI bersama Bawaslu Helat Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Desa Bakauheni

Kamis, 08 Desember 2022,

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) helat sosialisasi pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang digelar di Dusun Way Apus, Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Kamis (8/12/2022).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi II DPR-RI Dapil I Lampung H. Zulkifli Anwar, Staff Bawaslu RI, Anggota Bawaslu Provinsi Lampung M.Teguh, Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan Hendra Fauzi, Anggota Bawaslu Kecamatan Bakauheni, Kepala Desa se-Kecamatan Bakauheni, Kepala Desa se-Kecamatan Ketapang dan sekitar 350 undangan masyarakat sekitar.

Ketua Bawaslu Lamsel, Hendra Fauzi mengungkapkan bahwa Zulkifli Anwar adalah tokoh panutan yang ada di Lamsel, sebab dua periode pernah menjabat Bupati Lamsel.


"Saya sudah 35 tahun tinggal di Natar, baru ini bisa bertemu duduk bersama. Karena saya diamanahkan oleh kawan-kawan sebagai Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan, kalau mengenal Bang Zulkifli Anwar  adalah tokoh yang luar biasa, kalau Bawaslu Lampung Selatan mengadakan kegiatan undangnya 100 orang, yang hadir bisa lebih," ungkap Ketua Bawaslu Lamsel.


Dirinya juga mengimbuhkan, bahwa dengan sudah terbentuknya Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di kabupaten Lamsel, mendapat semangat dan spirit baru dalam menyongsong Pemilu tahun 2024.


"Ada kegiatan sosialisasi ini juga, kita baru saja mendapatkan semangat baru, spirit baru dengan tambahan 3 orang per Kecamatan yang hari ini juga hadir," imbuhnya.


Ketua Bawaslu Kabupaten Lamsel menegaskan, hadirnya masyarakat untuk membantu kinerja Pengawasan Pemilu 2024 yang lebih baik lagi.


"Kami sadar bahwa dalam melaksanakan Pengawasan Pemilu Kabupaten Lampung Selatan, tidak bisa mengawasi seluruhnya, kami yang hanya 5 orang, di Kecamatan 3 orang, untuk mengawasi Lampung Selatan tentu tidak akan bisa sendiri, dengan hadirnya bapak ibu tentu menjadi hal yang positif bagi kami, perlu ada informasi, tambah data dan ada segala hal yang bisa diberikan kepada kami," Tegas Hendra Fauzi.

Ditempat yang sama, Anggota Komisi II DPR-RI, H. Zulkifli Anwar menghaturkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah ikut hadir dalam acara Sosialisasi Bawaslu tersebut.


"Terimakasih kepada Bapak-bapak, Ibu-ibu yang hadir disini untuk memenuhi undangan ini, artinya paling tidak yang pertama sepakat dengan undangan saya, yang kedua sepakat untuk kita nanti sama-sama bermusyawarah dalam sosialisasi Pengawasan Pemilu tahun 2024," hatur H.Zulkifli Anwar.


H.Zulkifli Anwar juga menjelaskan basis terbesar dirinya menjadi Anggota DPR-RI selama tiga periode adalah Kabupaten Lamsel dan Pesawaran.


"Saya juga mengucapkan terimakasih, karena saya 3 periode itu, yang banyak menjadikan saya adalah masyarakat Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran," terang Anggota Komisi II DPR-RI.


Mantan Bupati Lamsel dua periode tersebut, menjelaskan, "Alangkah baiknya di 2024 nanti kita jauh hari sudah mengantisipasi, berbuat semaksimal mungkin mengajak masyarakat, menginformasikan kepada masyarakat, bahwa nanti di tanggal 14 Februari 2024 ada 5 Pemilihan mulai Presiden dan Wakil Presiden, memilih anggota DPR RI, yang ketiga memilih anggota DPD RI, yang keempat memilih anggota DPR provinsi Lampung Dapil Lampung Selatan, dan yang kelima memilih DPRD Kabupaten Lampung Selatan," jelas Bang Zul sapaan akrabnya.

Anggota Komisi II DPR-RI juga menambahkan bahwa ada dua Pemilu serentak pada tahun 2024.


"Akan ada juga pemilihan seluruh Kepala Daerah, dari Bupati Wakil Bupati, Gubernur Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota seluruh Indonesia tanggal 27 November 2024," tambah H. Zulkifli Anwar.


Bang Zul menegaskan bahwa kegiatan tersebut adalah bukan Kampanye, tapi Sosialisasi kepada masyarakat terkait Pengawasan Pemilu pada tahun 2024.


"Ini bukan Kampanye, tapi ini perintah Negara, untuk mensukseskan dan mengamankan Pemilu tahun 2024." Tukas Anggota Komisi II DPR-RI.

(Bst)




TerPopuler