Kementrian Pertanian dan DPR RI Gelar Bimtek Manajemen Peternakan Kesehatan Hewan di Bangun Rejo

Rabu, 19 Oktober 2022

Kementrian Pertanian dan DPR RI Gelar Bimtek Manajemen Peternakan Kesehatan Hewan di Bangun Rejo

Rabu, 19 Oktober 2022,

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Dalam upaya untuk meningkatkan kemandirian peternak masyarakat Lampung, Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melaksanakan bimbingan teknis manajemen peternakan dan kesehatan hewan, pemberdayaan kelompok ternak yang digelar di Aula Desa Bangun Rejo, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Rabu (19/10/2022).


Pentingnya kerjasama peternak dalam satu wadah kelompok ternak, karena ternak sapi milik masing masing anggota kelompok berada dalam satu kandang koloni, sehingga secara teknis pada proses pemeliharaan nya dapat dilakukan secara bersama-sama. Kegiatan usaha bersama yang dapat dilakukan antara lain pencatatan reproduksi ternak, pemeliharaan kesehatan ternak, pemeliharaan dan pemberian hijauan pakan ternak, pengolahan hijauan pakan dan limbah pertanian untuk pakan ternak, dan pengolahan limbah ternak.


Hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, SE, Kementrian Pertanian RI Drh. Agung Suganda MSi, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir. Rini Ariasih, MM, Kepala Dinas Pertanian Bibit Purwanto, Kapolsek Penengahan Iptu Gobel, Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP, Kepala Desa se-Kecamatan Ketapang, serta ratusan masyarakat dari beberapa kelompok pertanian dan peternakan se Kecamatan Ketapang.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin SE, dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya kegiatan Bimtek tersebut, peternak akan menambah pengetahuan tentang pemeliharaan hewan ternak sapi.


"Dalam kegiatan ini akan menambah pengetahuan hewan yang sehat dan berkualitas serta bebas dari penyakit mulut dan kuku," jelas Ketua Komisi IV DPR RI.


Sudin SE, juga menegaskan untuk menghindari penyakit mulut dan kuku, perlu adanya vaksinasi terhadap hewan ternak tersebut.


"Sapinya bisa divaksin, untuk menghindari penyakit serta di kasih anting agar terdata di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lampung Selatan." Pungkas Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, SE.

(Bst)




TerPopuler