Musrenbangdes Rawi Tahun Anggaran 2023, Masyarakat Harus Berperan Aktif

Jumat, 23 September 2022

Musrenbangdes Rawi Tahun Anggaran 2023, Masyarakat Harus Berperan Aktif

Jumat, 23 September 2022,




LAMSEL (PENENGAHAN), BONGKARSELATAN, COM– Pemerintah Desa (Pemdes) Rawi, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2022, yang dihelat pada Kamis (22/9) di Balai Desa setempat.


Kegiatan Musrenbang Desa ditahun 2022 diantaranya penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2022-2023 yang bertujuan untuk memberikan dorongan kepada lembaga-lembaga yang ada di Desa, untuk berperan lebih aktif disegala aktivitas pembangunan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). 

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Penengahan Jaelani S, STP, SH, Pendamping Kecamatan dan Desa, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (KUPTD), Se- Kecamatan Penengahan, Perangkat Desa, BPD, LPM, PKK, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Linmas, seluruh aparatur Desa, serta Perwakilan Masyarakat Desa Rawi. 

  

Dalam sambutannya Kepala Desa Rawi, Muhroji mengatakan bahwa Musrenbangdes merupakan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat Desa dalam menyusun perencanaan pembangunan di tingkat Desa.

 

"Musrenbang Desa tahun 2022 ini untuk menampung segala usulan yang di musyawarahkan di tingkat Dusun untuk Penyusunan Rencana Pembangunan (RKP) Desa, anggaran tahun 2022-2023 yang akan di danai APBDes," tegas nya.

 

Dalam kesempatan tersebut Kades Rawi kemudian memaparkan capaian yang telah dilaksanakan pada realisasi APBDes tahun anggaran 2022.

 

"Usulan yang kami terima nantinya akan kami bawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan dan Kabupaten," Tambahnya.

  

Tak hanya itu, orang nomor satu di Desa Rawi itu,  juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Penengahan dan tim Musrenbang Desa tahun 2022, serta KUPTD, yang sudah hadir.  

"Saya mengucapkan terimakasih kepada pak Camat, dan tim Musrenbang Desa, KUPTD Se-Kecamatan Penengahan serta seluruh masyarakat yang sudah hadir dalam kegiatan Musrenbangdes tahun 2022,  serta penyusunan Rencana kerja pemerintah Desa (RKPDes) 2022-2023 di Desa Rawi," ucapnya.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat Desa Rawi untuk berperan aktif dalam mengusulkan saran dan kritik yang sifatnya membangun.
 
"Besar harapan kami kepada seluruh masyarakat untuk bisa berperan aktif dalam mengusulkan masukan yang sifatnya membangun demi kemajuan Desa Rawi yang kita cintai ini untuk kedepannya," harap Muhroji kepada seluruh warganya. 

Camat Penengahan, Jaelani dalam sambutannya mengungkapkan, sangat mendukung apa yang menjadi program dan prioritas Desa Rawi, namun perencanaan Desa harus sesuai dan mengacu pada kebijakan Pemerintah Kabupaten.

"Prioritas RKPDes 2022-2023, semoga bisa berjalan dengan baik, lancar dan bersinergi dengan program teknis yang ada di UPT atau anggaran APBD ditiap Dinas." Pungkas Camat Penengahan.

Dan untuk Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023 dipaparkan oleh Sekretaris Desa Rawi, sebagai berikut :
 
I. Bidang  Penyelenggaraan Pemerintahan
- Penyediaan penghasilan tetap dan tunjungan Kepala Desa yang bersumber dari ADD.
- Penyediaan penghasilan tetap dan tunjangan perangkat desa yang bersumber dari ADD.
- Penyediaan jaminan sosial ketenaga kerjaan Kades dan Perangkat Desa yang bersumber dari ADD.
- Penyediaan Operasional Pemerintah Desa yang bersumber dari DD.
- Penyediaan Tunjangan BPD yang bersumber dari DD.
- Penyediaan Operasional BPD yang bersumber dari ADD.
- Penyediaan Insentif Ketua RT yang bersumber dari ADD.
- Penyediaan Update Indeks Desa Membangun (IDM) 2023 yang bersumber dari DD, dan lain - lain. 

(Ish/Red)

TerPopuler