Musrenbang Taman Baru Harapkan Pembangunan Demi Kemajuan Desa

Jumat, 30 September 2022

Musrenbang Taman Baru Harapkan Pembangunan Demi Kemajuan Desa

Jumat, 30 September 2022,


LAMSEL (PENENGAHAN), BONGKARSELATAN. COM– Pemerintah Desa (Pemdes) Taman Baru, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2022, di Aula Balai Desa setempat, Jum'at (30/9/2022). 


Musrenbangdes ditahun 2022, dan penyusunan rencana kerja Pemerintah Desa, RKPDes tahun anggaran 2022-2023, serta bertujuan untuk memberikan dorongan kepada lembaga-lembaga yang ada di Desa, untuk berperan lebih aktif di segala aktivitas pembangunan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas serta  peningkatan sumber daya manusia (SDM). 


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa (kades) Taman Baru Azhari, Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Penengahan Hermawan, UPTD se-Kecamatan Penengahan, pihak Puskesmas, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL Desa) Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Riwadi N, Bhabinkamtibmas Bripka Rodiansyah, Kader PKK, Linmas dan tokoh masyarakat.


Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan lagu Mars Lampung Selatan, dilanjutkan dengan do'a bersama yang dipimpin oleh Basri, Kadus II Desa Taman Baru. 


Dalam sambutannya, Kades Taman Baru Azhari mengatakan, Musrenbangdes merupakan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat Desa dalam menyusun perencanaan pembangunan di tingkat Desa.


"Usulan-usulan yang kami terima dari masyarakat, nantinya akan kami bawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan, dan Kabupaten," Ucapnya.


Tak hanya itu Azhari, juga  mengucapkan banyak terima kasih kepada Sekcam Penengahan Hermawan, dan seluruh tim Musrenbangdes tahun 2022, serta masyarakat yang sudah hadir dalam kegiatan tersebut. 


"Harapan kami kepada seluruh masyarakat Taman Baru, supaya bisa berperan aktif dan membantu mengusulkan masukan yang sifatnya untuk membangun demi kemajuan Desa Taman Baru kedepannya, 


Sambung kades, Dirinya berharap besar pada Pemerintah Desa untuk mengagendakan program-program pencegahan stunting dengan pemenuhan gizi pada ibu hamil, dan pemberian ASI eksklusif. Hal ini dirasa perlu karena melihat kurangnya kesadaran masyarakat mengenai bahaya stunting dan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Tukas Kades. 


Dalam kesempatan tersebut Kades Taman Baru Azhari, memaparkan capaian yang telah dilaksanakan pada realisasi APBDes tahun anggaran 2022, serta yang akan di realisasikan ditahun 2023.


Sementara Sekretaris Camat Penengahan, Hermawan mewakili Camat Penengahan, Jaelani, S.STP, MH dalam sambutannya mengungkapkan, sangat mendukung apa yang menjadi program dan prioritas Desa Taman Baru, namun perencanaan Desa harus sesuai dan mengacu pada kebijakan Pemerintah Kabupaten.


"Prioritas RKPDes 2022-2023, semoga bisa berjalan dengan baik, lancar dan bersinergi dengan program teknis yang ada di UPT atau anggaran APBD ditiap Dinas. "Tegasnya.


"Kita percaya dan yakin untuk Desa Taman Baru  kedepannya Desa Taman Baru bisa merealisasikan apa yang sudah direncanakan dan diusulkan oleh leading sektor skala prioritas bisa diwujudkan." Pungkas Sekcam Penengahan Hermawan.

(Ish)

TerPopuler