Bupati Nanang Pimpin Upacara Hari Amal Ke-76 Kementerian Agama Tingkat Lamsel Tahun 2022

Senin, 03 Januari 2022

Bupati Nanang Pimpin Upacara Hari Amal Ke-76 Kementerian Agama Tingkat Lamsel Tahun 2022

Senin, 03 Januari 2022,

 


KALIANDA, Bongkarselatan.com – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto memimpin upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama Tahun 2022 di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan.

Upacara perdana yang digelar di Lapangan Korpri Kalianda, komplek Pemkab setempat, pada Senin pagi (03/01/2022), dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Peserta upacara diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), Dhawma Wanita Persatuan (DWP) dan siswa-siswi dibawah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan, mulai tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA).

Upacara juga diikuti peserta dari Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Lampung Selatan.

Hadir dalam upacara itu, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan Agus Sartono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan Ashari beserta beberapa perwakilan anggota Forkopimda Lampung Selatan.

Nampak hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin dan sejumlah pejabat utama di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan H. Winarni Nanang Ermanto dan Ketua DWP Yani Thamrin.

Upacara diawali pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka yang berasal dari siswa-siswi dibawah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan.

Lalu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto selaku inspektur upacara HAB ke-76.

Kemudian pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Panca Prasetya KORPRI, dan Kode Etik Pegawai Kementerian Agama Republik Indonesia oleh ASN di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan.

Pada upacara peirngatan HAB ke-76 kali ini, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun kepada ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan.

Selain itu Bupati Lampung Selatan juga menyerahkan Sertipikat Tanah Hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan untuk MAN 1 dan MTSN 1 Lampung Selatan serta menyerahkan Sertipikat HALAL UMKM Kabupaten Lampung Selatan.

Menyampaikan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengucapkan terima kasih kepada segenap ASN Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus, menjaga martabat, kehormatan, dan kinerjanya.

Nanang juga menyampaikan, sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada bapak presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

“Syukur alhamdulillah, bapak presiden telah mengabulkan permohonan tersebut. Dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama bapak presiden, diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama,” ujar Nanang.

Kepada para penerima penghargaan, Nanang menyampaikan ucapkan selamat. Dirinya berharap, dengan penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari Korps Kementerian Agama.

“Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik,” kata Nanang.

Dalam amanatnya, Nanang mengajak kepada peserta upacara untuk menjadikan agama sebagai inspirasi, sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas.

Selain itu, Nanang mengingatkan peserta upacara untuk menjadikan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

“Saya percaya apabila kita berpegang teguh pada itu semua, Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umatakan dengan cepat dan mudah dilakukan,” katanya.

Sementara itu, setelah upacara dilaksanakan, peringatan HAB ke-76 tingkat Kabupaten Lampung Selatan juga diisi dengan penampilan tari daerah sebagai lambang keragaman budaya, suku dan agama di negara Indonesia, khususna Kabupaten Lampung Selatan.

Penampilan tari pertama dipersembahkan oleh Sanggar Tari Setya Bhuana yang berasal Desa Sumur Kecamatan Ketapang dengan menampilkan Tari Panyembrama.

Lalu penampilan tari kedua oleh Sanggar Hanuang Bani yang berasal dari MTs Negri 1 Lampung Selatan dengan menampilkan Tari Kreasi Zapin Lampung.

Selanjutnya peringatan upacara HAB ke-76 ditutup dengan penampilan Marching Band Swara Buana El Hurriyah yang terdiri dari siswa-siswi MAN 1 Lampung Selatan. (REd/AZ)

TerPopuler