Deputi Basarnas Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto Pantau Arus Balik Via Udara

Minggu, 30 April 2023

Deputi Basarnas Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto Pantau Arus Balik Via Udara

Minggu, 30 April 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas, gelar tinjauan dan pantauan Arus Balik PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), pada Minggu (30/4/2023).


Pemantauan arus Balik oleh Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto, S.E., M.M., tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Lampung Deden Ridwansyah, S.Sos, Kasubdit Pengerahan Potensi dan Pengendalian Operasi Agus Haryono, Lanal Lampung Serma Panca Arum, Tagana Mulyadi, beserta jajaran dan anggotanya.

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto, S.E., M.M, bersama rombongan memantau Arus Balik dari sumatera menuju pulau Jawa melalui jalur Udara.


Seusai melaksanakan pemantauan arus balik tersebut, dalam Konferensi Persnya, Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto, S.E., M.M, menjelaskan, "dari sana masih terlihat tadi di Jalan Trans Sumatera kondisi Arus Balik masih lancar dan terkendali kemudian di jalan Nasional juga Jalan provinsi masih lancar dan terkendali, mudah-mudahan sampai dengan tanggal 1 harus Puncak harus balik nanti kita harapkan semua sudah terurai, sehingga di kantong-kantong pelabuhan sini penyeberangan bisa tidak terjadi penumpukan," jelasnya.

Lanjutnya, "karena Pemerintah Pusat juga sudah mengatur kantong-kantong penumpukan apabila di penyeberangan Bakauhenu ini terjadi kepadatan, kita berdoa mudah-mudahan sampai besok masih seperti ini," terang Alumni Akademi Angkatan Laut tahun 1990.


Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto, S.E., M.M, mengimbuhkan, "dan tadi Alhamdulillah kita mulai terbang jam 14.20-an sampai tadi jam 15.15 kita sudah landing, memantau situasi Jalan Lintas Sumatera sama jalan Nasional Sumatera, serta satu objek wisata, karena sekarang masih hari libur, banyak warga Negara kita ataupun masyarakat kita yang sedang berlibur ini juga konsentrasi Basarnas terpecah kepada titik-titik Pariwisata, transportasi baik itu darat, laut dan udara. Alhamdulillah kita melaksanakan penerbangan dengan keadaan aman dan memantau situasi dalam keadaan terkendali," imbuh Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas.

"Kita juga sudah mengirimkan Tim Patroli Mobile ke Daerah-Daerah Wisata untuk memberikan peringatan kepada masyarakat, karena masyarakat kita dalam situasi hari raya ini mereka juga berekreasi dengan keluarga, tapi kita sebagai aparat Negara hadir memberikan suatu himbauan-himbauan untuk selalu tetap berhati-hati dan mengawasi anak-anaknya dalam berekreasi," paparnya lagi.


Dirinya menambahkan terkait antisipasi daerah rawan bencana yang ada di Lampung, Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto, S.E., M.M, menegaskan, "tapi Alhamdulillah kita minimalisir semua potensi rawan, mulai dari relawan pramuka dasar kemudian TNI, Polri, Pemerintah Daerah semua memberikan himbauan, yaitulah wujud bahwa Negara dan Pemerintahan hadir di tengah-tengah masyarakat, menjabarkan Apa yang diperintahkan oleh Presiden kita memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," tambahnya kepada para jurnalis.

"Anggota kita ada 150-an itu Siaga, ditambah dari penguatan dispersi kita dari kantor pusat yaitu satu PP kita satu Heli standby di sini, ini makanya atas arahan pimpinan Kepala Badan Besar nasional Satu Helly standby disini, satu lagi di kali kangkung, masih ada 3 stand by kita, kalau memang harus mudik terjadi eskalasinya meningkat, salah satunya hari ini saya melihat langsung dari pantauan udara keadaan dalam situasi lancar, aman dan terkendali." Pungkas Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Muda Ribut Eko Suyanto, S.E., M.M.

(Red)


TerPopuler