Pers Polres Lampung Selatan, Harus Paham Ilmu Jurnalistik

Selasa, 14 Maret 2023

Pers Polres Lampung Selatan, Harus Paham Ilmu Jurnalistik

Selasa, 14 Maret 2023,

 


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Polres Lampung Selatan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan jurnalistik Personilnya guna mendukung managemen media. Selasa,14/03/2023 pukul 09.00 Wib. 


“Kami hadirkan personal dari Polres, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas diharapkan dapat menunjang meningkatkan kemampuan personil kami khususnya dibidang jurnalistik, dimana kami menyadari keterbatasan kemampuan kami,” ujar Kompol Sukamso saat menyambut tim dari Bid Humas Polda Lampung. 


Untuk memberikan pembekalan jurnalistik kali ini dari Bid Humas Polda Lampung yang di Pimpin oleh Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Lampung AKBP Rahmad Hidayat menyertakan dua pemateri dari media yakni Amirudin Somir dari Lampungpro dan Cepu Supriyanto dari Guetilangcom. 

“Dahulu kami dari Bid Humas mengundang masing – masing humas polres jajaran untuk diberikan pelatihan, namun kali ini kami melakukan pola terbalik mendatangi polres – polres jajaran dengan harapan ilmu jurnalistik  ini bisa sampai pada personil di polsek polsek jajaran,” terang Kasubbid Penmas AKBP Rahmad Hidayat dalam pembukaannya. 


Adanya gangguan kamtibmas melalui beredarnya berita hoax, ujaran kebencian dan kejahatan melalui media sosial yang merupakan tugas polri diharapkan kedepannya dapat dilawan dan dicegah dengan ilmu - ilmu jurnalistik melalui media internet dan media sosial. 


“Maraknya berita hoax, ujaran kebencian dan penipuan di media sosial yang marak dimasyarakat kita yang sering menimbulkan keresahan, ini bukan saja masalah polisi namun juga adalah masalah para jurnalis,” ungkap Bapak Amirudin dengan tegas dihadapan Kapolsek dan Bhabinkamtibmas. 

“Untuk melawan ketiga hal ini, hoax, ujaran kebencian dan penipuan di dunia maya tidak lain dan tidak bukan adalah ilmu jurnalistik, ini adalah masalah kita bersama yang kita lawan dengan dengan ilmu jurnalistik juga,” tegas Bapak Amirudin melanjutkan materinya. 


“Kita dalam kehidupan sehari – hari bermedia sosial sudah memiliki basic dari civil journalism, namun kita harus memperbaiki metode penulisannya sesuai dengan kaidah kaidah jurnalis, sehingga personil polri dilapangan dapat mengupload informasi dan kegiatan kegiatan di masyarakat di dunia maya dengan baik,” lanjut pemateri selanjutnya Bapak Cepu Supriyanto dalam materinya yang bertemakan civil journalism. 


Diakhir acara dilanjutkan dengan acara tanya jawab berkaitan dengan hal – hal jurnalistik yang berhubungan dengan tugas kepolisian dan kehumasan dilingkungan Polres Lampung Selatan.

(Hms/Red)

TerPopuler