PMI Kabupaten Pasuruan Gelar Orientasi Pembina PMR Madya Se-Kabupaten

Kamis, 22 Desember 2022

PMI Kabupaten Pasuruan Gelar Orientasi Pembina PMR Madya Se-Kabupaten

Kamis, 22 Desember 2022,

 


JATIM (PASURUAN), BONGKARSELATAN.COM -

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan gelar Orientasi Pembina Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Madya yang bertempat di SMKN 1 Bangil yang berada di Jalan Tongkol Nomor 3 Dermo Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan.


Kegiatan Orientasi Pembina dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 22 Desember 2022 yang pesertanya berjumlah 50 pembina PMR yang tersebar di berbagai sekolah di Kabupaten Pasuruan. Tujuan diadakan orientasi Pembina yaitu untuk memberikan ilmu serta pengenalan organisasi Palang Merah Indonesia, selain itu juga untuk menyamakan persepsi Pembina PMR di wilayah Kabupaten Pasuruan. 


Rangkaian kegiatan orientasi Pembina PMR yaitu pembina dibekali dengan pengenalan Organisasi PMI, Sejarah Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Lambang, Prinsip Gerakan serta Pembinaan Relawan Muda.


Acara dibuka oleh Ketua PMI Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji menyampaikan bahwa, "PMI Kabupaten Pasuruan akan terus mengembangkan Gerakan Kepalangmerahan diwilayah Kabupaten Pasuruan yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat yang terdiri dari pelayanan donor darah, kegiatan dapur umum, pendistribusian air bersih, pos pertolongan pertama serta yang dilaksanakan hari ini yaitu Orientasi untuk Pembina PMR," ungkapnya.


Agus Sutiadji juga menambahkan kegiatan Orientasi Pembina PMR untuk tahun ini dilaksanakan dengan mendahulukan Pembina PMR di tingkat madya karena untuk jumlah unit PMR tingkat Madya merupakan jumlah yang paling banyak sehingga untuk pelaksanaan orientasi untuk Pembina PMR Mula dan PMR Wira dilaksanakan pada tahun yang akan datang.


Ditempat yang sama, Waka Kurikulum SMKN 1 Bangil Arif Wahyu Purwito mengapresiasi kegiatan tersebut yang memang penting serta bermanfaat untuk bangsa Indonesia.


"Kami mengapresiasi untuk PMI Kabupaten Pasuruan yang telah melaksanakan kegiatan di lingkungan SMKN 1 Bangil, Semoga dengan adanya kegiatan ini kita semua dapat mengambil manfaat bagi bangsa ini," ujar Waka Kurikulum SMKN 1 Bangil Arif Wahyu Purwito.


Setali tiga uang, Pengurus Sumber Daya Manusia, Nenny Purwanti menjelaskan selama 2 tahun PMI Pasuruan tidak menggelar kegiatan tersebut akibat Pandemi Covid-19.


“Kegiatan orientasi pembina PMR merupakan kegiatan yang di programkan oleh PMI Kabupaten Pasuruan yang tujuannya untuk menghidupkan kembali PMR yang berada di wilayah Kabupaten Pasuruan yang sudah minim kegiatan selama kurang lebih 2 tahun akibat pandemi COVID-19,” jelas Nenny Purwanti.


Demikian juga salah seorang peserta orientasi pembina PMR, Rif’an menyampaikan alasan mengikuti kegiatan tersebut supaya dapat menerapkan ilmu yang diberikan di sekolahannya, serta berharap supaya dapat membagikan ilmu yang dia peroleh ke rekan sesama pembina PMR.

(Hfd/Red)

TerPopuler