543 Calon Anggota PPK Selesai Seleksi CAT, Rekrutmen Badan Adhoc KPU Lamsel Berlangsung Mulus

Rabu, 07 Desember 2022

543 Calon Anggota PPK Selesai Seleksi CAT, Rekrutmen Badan Adhoc KPU Lamsel Berlangsung Mulus

Rabu, 07 Desember 2022,

LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -

Seleksi Computer Assisted Test (CAT) pada rekrutmen badan Adhoc Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan (Lamsel) berlangsung mulus.


Sedikitnya, ada sekitar 543 peserta telah mengikuti seleksi CAT, yang digelar di Gedung Simdig SMKN 2 Kalianda. Diketahui, seleksi tersebut dibagi menjadi dua tahap. Yakni, hari pertama pada Selasa (6/12/2022) sekitar 273 peserta dan pada hari kedua pada Rabu (7/12/2022) terdapat sekitar 270 peserta yang telah mengikuti seleksi CAT.


Berdasarkan pantauan, seluruh peserta mengikuti seleksi CAT secara tertib sesuai prosedur dengan pengawalan ketat aparat kepolisian, Bawaslu hingga Panwascam.


Salah Seorang peserta dari Kecamatan Candipuro Ahmad Mukminin (34) mengatakan, pihaknya dapat menyelesaikan seleksi CAT dengan baik tanpa kendala. Baik secara materi yang dikerjakan maupun perangkat komputer yang digunakan.


“Alhamdulillah, bisa kita selesaikan tanpa ada kendala apapun. Mudah-mudahan lulus,” ujarnya seraya berharap.


Senada juga dikatan peserta lainnya dari Kecamatan Sragi, Taskia Suci Fitriyani (31). Menurutnya, tidak ada kendala yang berarti saat mengikuti seleksi CAT. Ia juga mengatakan, materi soal yang dikerjakan juga dapat dicerna dengan baik, sehingga para peserta dapat menyelesaikan uji kompetensi berbasis komputer tersebut.


Taskia menambahkan, pihaknya berminat untuk mendaftar sebagai badan Adhoc KPU Lamsel agar dapat berpartisipasi langsung sebagai panitia pemilihan kecamatan (PPK). “Melalui badan ini, harapan saya dapat lebih memahami bagaimana proses pesta demokrasi sesuai amanat konstitusi. Dari regulasi sampai implementasi pemungutan suara yang transfaran. Karena pada dasarnya, hal itu merupakan harapan seluruh masyarakat di Indonesia,” imbuhnya.


Sementara, Komisioner KPU Lamsel Divisi SDM dan Sosialisasi, Irsan Didi mengatakan, sejak persiapan hingga pelaksanaan seleksi CAT, KPU Lamsel telah menyiapkan tim IT yang mumpuni. Sehingga, adapun kendala yang terjadi langsung bisa teratasi.


“Sempat ada kendala pada perangkat komputer, tapi langsung ditindaklanjuti oleh tim IT saat itu juga. Sehingga, seleksi CAT bisa kembali dilanjutkan,” ujarnya.


Irsan juga menambahkan, bahwa KPU Lamsel menerapkan penilaian CAT yang transparan. Ketika peserta telah menyelesaikan tes-nya, maka nilai dari peserta tersebut bakal langsung di tempel di dinding luar ruang seleksi.


“Ya, nilainya langsung ditempel didinding depan ruangan tes. Agar para peserta bisa langsung mengetahui nilai hasil CAT mereka. Namun, tentunya akan ada rekapitulasi perolehan nilai terbaik. Dari masing-masing kecamatan, akan diambil minimal 15 besar untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya,” tukasnya.


Disisi lain, koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Lamsel, Ahmad Sahlan mengimbau, agar pihak KPU lebih serius dalam melakukan persiapan sebelum seleksi dilaksanakan. Sehingga, peserta tidak lagi menemui kendala teknis saat tes berlangsung.


“Musti adanya penguatan server pada saat ujian dan perlakuan yang sama terhadap peserta tes.
KPU juga harus bisa memastikan untuk dapat melindungi hak setiap warga negara untuk ikut menyukseskan pemilu 2024 nanti dengan menjadi panitia adhok di kecamatan,” kata Sahlan memberi masukan.


Diketahui, seleksi CAT dilakukan setelah tahapan seleksi administrasi. Kemudian, usai tahapan CAT, para peserta calon anggota badan Adhoc KPU Lamsel akan melaksanakan seleksi wawancara yang rencananya akan dilaksanakan pada 11 Desember 2022 – 13 Desember 2022, secara serentak seluruh Indonesia. 

(Doy/Red)

 

TerPopuler