Kodim 0421 LS, Koramil 03 Penengahan Tanamkan Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika Kepada Masyarakat Bakauheni dalam Program Kampung Pancasila

Jumat, 04 November 2022

Kodim 0421 LS, Koramil 03 Penengahan Tanamkan Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika Kepada Masyarakat Bakauheni dalam Program Kampung Pancasila

Jumat, 04 November 2022,

 


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -
Zoom Meeting Kodam II Sriwijaya dalam Program Kampung Pancasila, disaksikan secara virtual oleh Kodim 0421 LS bersama Koramil 03 Penengahan, yang dihelat di Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum'at (4/11/2022).


Acara yang bertajuk Bhineka Tunggal Ika Kampung Pancasila Koramill 0421-03 Penengahan, Desa Bakauheni tersebut dihadiri oleh, Dandim 0421 LS Letkol Infantri Fajar, Danramil 0421-03 Penengahan Kapten Inf M.Nurdin beserta jajaran, Camat Bakauheni Pirma Romayansyah, SH.MM, Kepala Desa Bakauheni Sukirno, Tokoh Pemuda dari Karang Taruna Bakauheni, Siswa SMA Bakauheni, Tokoh Agama serta tokoh masyarakat sempat.



Keberadaan kampung Pancasila dengan menamamkan nilai-nilai Pancasila, dengan wujud nyata dalam program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang dengan memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat, untuk seluruh Kampung di Indonesia menjadi Kampung pancasila.


Komandan Kodim (Dandim) 0421 Lamsel, Letkol Infantri Fajar, menjelaskan bahwa Bakauheni berada di ujung Sumatra di Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni dapat mengatasi konflik yang terjadi di masyarakat.


"Kami mengapreaisi dengan apa yang telah direncanakan oleh program bapak kasat, berkaitan dengan Kampung Pancasila, Karena khususnya wilayah jajaran Kodim 0421 Lampung Selatan meliputi wilayah kabupaten lampung selatan dan kabupaten Pesawaran, yang sangat rentan dengan terjadinya konflik horizontal, ternyata dapat diatasi salah satunya melalui kegiatan-kegiatan kampung pancasila, yaitu nilai-nilai pancasila hadir di Desa bahkan di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran," jelasnya.


Dirinya menambahkan, dengan adanya nilai-nilai Pancasila maka dapat mengatasi segala problema yang ada di masyarakat.


"Di wilayah Bakauheni, yang merupakan ujung dari pada Sumatra, dimana kita ketahui komplek permasalahan yang ada disini, dari mulai bagaimana kita apabila menghadapi kondisi arus mudik, arus balik, kemudian juga kerawanan bencana yang akhir akhir ini menimpa salah satunya di wilayah Kabupatan Lampung Selatan, disinilah kita melihat, ternyata nilai-nilai Pancasila bisa mengatasi segala problema, baik itu bencana, baik itu hubungan sosial, semua bisa kita atasi dengan kebersamaan, disitulah nilai-nilai Pancasila salah satunya yang bisa kita lihat, khususnya di wilayah Kodim Lampung Selatan," tambah Dandim 0421 Lampung Selatan.


Di tempat yang sama, Kepala Desa Bakauheni, Sukirno memaparkan tentang pemeliharaan terkait Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang sudah terkoodinir dengan baik.


"Kami mewakili dari Kepala Desa, Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan, di Wilayah Kodim 0421 Lampung Selatan, Koramil 03 Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, dengan ini kami akan menyampaikan program dari kampung Pancasila yang sudah terbina di kampung kami, salah satunya pemeliharaan Kamtibmas, yang Alhamdulillah sampai saat ini kami sudah terkoodinir dengan baik terkait dengan keamanan ketertiban masyarakat di Desa Bakauheni," paparnya.


Kades Bakauheni mengimbuhkan, terus mensosialisasikan wawasan kebangsaan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada masyarakatnya.


"Yang kedua sosialisasi wawasan kebangsaan untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan doktrin nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-sehari kepada Karang Taruna, kader PKK serta Pemerintahan Desa, serta secara umum kepada seluruh warga desa Bakauheni," imbuh Sukirno.


Kades juga menegaskan, akan senantiasa berusaha dengan Babinsa dalam memaksimalkan program kampung Pancasila di Desanya.


"Yang ketiga penanaman toleransi beragama maka disini hadir Kamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda yang saat ini secara virtual ini, Alhamdulillah kerukunan kami dapat terjaga, Dan yang belum maksimal karena majemuknya pekerjaan warga kami, namun kami senantiasa berusaha bersama bapak Babinsa untuk memaksimalkan program kampung Pancasila di Daerah kami." Pungkas Sukirno.

(Bst)

TerPopuler