Polsek Penengahan Cegah Karhutla, Gencar Gelar Giat Patroli Gabungan bersama jajaran Koramil 0421-03/Pnh

Jumat, 25 Agustus 2023

Polsek Penengahan Cegah Karhutla, Gencar Gelar Giat Patroli Gabungan bersama jajaran Koramil 0421-03/Pnh

Jumat, 25 Agustus 2023,


LAMSEL, BONGKARSELATAN.COM -
Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) merupakan peristiwa terbakarnya hutan dan)atau lahan, baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan yang dapat menimbulkan kerugian ekologi, ekonomi, sosial, budaya dan politik.


Cuaca ekstrem yang terjadi saat ini dengan suhu udara yang sangat panas akan menyebabkan rumput, ilalang dan pohon-pohonan menjadi kering, sehingga berpotensi untuk terjadinya kebakaran, termasuk di kawasan konservasi.

Oleh karena itu jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Penengahan, Polres Lampung Selatan (Lamsel) bersama anggota Koramil 0421-03/Pnh gencar melaksanakan Patroli Karhutla, sedini mungkin dengan melakukan upaya giat sosialisasi pencegahan kebakaran hutan di kawasan pertanian di Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lamsel, pada Jum'at (25/8/2023).


Disaat melakukan giat Patroli Karhutla tersebut,  Kapolsek Penengahan IPTU Gobel SH.,MH, yang didampingi Kanit Binmas Aiptu Nurkholis, bersama anggota Koramil 0421-03/Pnh Babinsa Aji Turasman, menyempatkan diri berkoordinasi dengan dengan Aparat setempat dan menghimbau kepada masyarakat untuk membantu jajaran Polri dan TNI dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan terutama di kawasan Wilayah Hukum Polsek dan Koramil Penengahan dan sekitarnya.


Kapolsek Penengahan IPTU Gobel SH.,MH, mengungkapkan, "kegiatan Polsek Penengahan ini merupakan untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yang dilaksanakan dengan gencar Patroli Karhutla Gabungan dengan Koramil Penengahan." ungkapnya.

Dampak yang signifikan dari kebakaran hutan dan lahan adalah terjadinya pemanasan global yang berefek bukan hanya kepada sektor ekologi tetapi juga menyangkut ekonomi, sosial budaya dan politik.


IPTU Gobel SH.,MH, juga terus menghimbau kepada masyarakat, agar tidak melakukan aktivitas membakar di lahan mereka dengan sembaranagan, tidak membuang puntung rokok secara sembarangan dan segera melaporkan kepada petugas bila terjadi kebakaran lahan agar dilakukan tindakan penanganan.


Kegiatan Patroli Karhutla tersebut juga akan terus dilakukan petugas guna memantau dan menjamin kondisi kawasan dalam keadaan aman dari kebakaran, serta tetap menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Aparat Desa  maupun masyarakat petani sekitar kawasan hutan pertanian.
(Red)

TerPopuler